Comscore Tracker

Usai Libur Panjang, Kabupaten Tangerang Kembali Zona Oranye

Peningkatan kasus COVID-19 hingga 30 persen

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kabupaten Tangerang kembali masuk dalam zona oranye penyebaran COVID-19. Hal tersebut lantaran adanya kasus yang meningkat usai libur panjang, awal November lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi membenarkan hal tersebut. "Betul, naik lagi ke zona oranye," ujar Hendra, Kamis (19/11/2020). 

Baca Juga: Ada Perbaikan Jalan KS Tubun Kota Tangerang, Ini Rute Pengalihannya 

1. Angka naik hingga 30 persen usai libur panjang

Usai Libur Panjang, Kabupaten Tangerang Kembali Zona OranyeIDN Times/Dok. Provinsi Banten

Berdasarkan data dari situs covid-19.tangerangkab.go.id, angka paparan COVID-19 kembali naik, yakni dari pada tanggal 7 dan 11 November 2020. Pada 7 November, ada penambahan sebanyak 59 pasien COVID-19 baru. Lalu di tanggal 11, ada penambahan 32 pasien baru.

"Kalau dari dampak libur panjang ada 20 sampai 30 persen kasus. Sisanya karena masyarakat masih saja abaikan 3M atau protokol kesehatan," jelas Hendra. 

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 di Banten Kembali Naik, Kota Cilegon Zona Merah

2. Hanya bertahan 10 hari pada zona kuning

Usai Libur Panjang, Kabupaten Tangerang Kembali Zona OranyeIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Lantaran adanya kenaikan kasus tersebut, Kabupaten Tangerang pun harus kembali merelakan status zona kuningnya untuk kembali naik menjadi zona oranye. Padahal, Kabupaten Tangerang baru saja bertengger di zona kuning sejak 9 November lalu. 

"Itu karena ada peningkatan kasus COVID-19, makanya kita belum berencana tutup Hotel Singgah COVID-19 untuk mengantisipasi hal ini," tutur Hendra. 

Baca Juga: Kabupaten Tangerang Zona Kuning, Apa Artinya? 

3. Angka COVID-19 mencapai 3.509 kasus

Usai Libur Panjang, Kabupaten Tangerang Kembali Zona OranyeIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hingga kini, total angka terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang sebanyak 3.509 kasus, dengan pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 88 orang, konfirmasi isolasi 182, kasus konfirmasi sembuh 3.166, dan kasus konfirmasi meninggal 73. 

"Ingat, pandemi masih berlangsung. Untuk masyarakat dimohon tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga 3M," kata dia. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Ini Empat Prioritas Penerima Vaksin di Kabupaten Tangerang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya