217 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Gagal Berangkat

Mereka belum lunasi biaya perjalanan haji sampai batas waktu

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 217 calon jemaah haji asal Kabupaten Tangerang gagal berangkat lantaran tak kunjung melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sampai batas waktu yang ditentukan. Padahal, mereka dijadwalkan berangkat pada tahun 2023 ini.

"Sesuai dengan ketentuan, maka yang belum melunasi akan digantikan dengan jemaah calon haji cadangan yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Ade Baijuri, Senin (22/5/2023).

Baca Juga: Rekomendasi Warung Nasi Uduk Malam Hari, Dekat Bandara Soetta

1. Ada 1.984 orang yang harusnya berangkat haji asal Kabupaten Tangerang tahun ini

217 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Gagal BerangkatIDN Times/Sunariyah

Ade mengungkapkan, ada 1.984 kuota asal Kabupaten Tangerang yang berangkat ke tanah suci pada tahun ini. Namun, lantaran terdapat ratusan jemaah belum melunasi, maka posisinya akan digantikan dengan calon jemaah lainnya sesuai antrean.

"Sehingga kita tetap memberangkatkan 1.984 orang," ujarnya.

2. Banyak faktor calon jemaah haji tak melunasi BPIH

217 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Gagal BerangkatIDN Times/Sunariyah

Ade menuturkan, terdapat banyak faktor yang menjadi alasan calon jemaah haji tersebut tak melunasi BPIH tersebut, mulai dari ekonomi, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.

"Ada kebutuhan mendesak, ada juga yang mengalami masalah kesehatan hingga jemaah calon haji yang sudah meninggal dunia," jelas Ade.

Meski demikian, untuk calon haji yang gagal berangkat tahun ini, mereka akan diprioritaskan keberangkatannya di tahun depan atau 2024.

3. Kemenag Kabupaten Tangerang melaksanakan manasik haji khusus lansia di atas 65 tahun

217 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tangerang Gagal BerangkatIDN Times/Umi Kalsum

Sementara itu, sebanyak 132 calon jamaah haji lansia berasal Kabupaten Tangerang. Para jamaah lansia ini diberikan bimbingan manasik secara khusus dari Kemenag, termasuk di Kabupaten Tangerang. 

"Saat ini Kementerian Agama memiliki program prioritas yaitu haji ramah lansia, maka untuk para lansia akan diberikan meteri khusus dari Pemerintah yang disampaikan oleh narsumber terkait dengan kebijakan pelayanan khusus untuk pelayanan lansia," tuturnya.

Para petugas pemberangkatan haji juga telah diberikan pembelajaran khusus untuk lansia, berbagai fasilitas akan di sediakan oleh pemerintah seperti kursi roda dan semua yang dibutuhkan para lansia.

Baca Juga: Pancong Riverside, Kue Modern Kreasi Milenial Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya