Anak Sekolah di Kota Tangerang Diajarkan Cara Cegah Penyakit TBC

Nama programnya Ransel TBC

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Tangerang melancarkan program penanggulangan TBC tematik sekolah yang diberi nama "Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC" atau disebut Ransel TBC.

Gerakan ini meliputi upaya promotif dan preventif TBC di sekolah antara lain berupa edukasi atau sosialisasi secara masif mengenai TBC.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang berkesempatan meluncurkan program RANSEL TBC secara serentak di sekolah SMP se-Kota Tangerang, berharap agar kegiatan tersebut tidak hanya fokus dalam penanganan TBC, namun juga penyakit lain.

"Saya ingin Gerakan Eliminasi atau Ransel TBC ini bisa dikembangkan tidak hanya gerakan untuk TBC saja, tapi untuk seluruh penyakit. Kita ingin kota ini menjadi kota yang sehat, tidak ada yang boleh sakit. Gerakan ini bisa kita mulai dengan melakukan skrining," kata Arief dalam keterangan tertulis, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Pemkab Tangerang Targetkan Semua ODGJ Punya KTP

1. Targetkan, 500 ribu anak diskrining

Anak Sekolah di Kota Tangerang Diajarkan Cara Cegah Penyakit TBCGerakan melawan TBC (Antara)

Arief mengintruksikan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk bisa optimalkan skrining tidak hanya untuk anak-anak sekolah akan tetapi untuk para orangtua dan keluarga mereka di rumah.

"Saya kasih target skrining 500 ribu orang untuk anak-anak, orangtua dan keluarganya, para camat, lurah agar dibantu sosialisasinya," kata Arief.

2. Peran orangtua diharap berperan aktif untuk skrining

Anak Sekolah di Kota Tangerang Diajarkan Cara Cegah Penyakit TBCWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi memantau skrining GeNose di SMP 6 Makassar, Senin (1/11/2021). Humas Pemkot Makassar

Arief berharap, peran aktif para orangtua dan keluarga untuk melakukan skrining dengan mengunjungi fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kota Tangerang.

"Dateng saja ke puskesmas-puskesmas di wilayah bapak ibu tinggal, minta diskrining agar jika terindikasi TBC bisa diobati. Gratis obatnya dari Pemerintah Kota Tangerang," ungkapnya.

3. Semua anak sekolah jadi sasaran Ransel TBC

Anak Sekolah di Kota Tangerang Diajarkan Cara Cegah Penyakit TBCIlustrasi siswa. IDN Times/Sukma Sakti

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menjelaskan, Ransel TBC menjadi inovasi baru Dinas Kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit dengan sasaran awal semua warga sekolah dari tingkat TK/PAUD, Sekolah Dasar dan SMP di Kota Tangerang.

"Semua upaya ini agar anak-anak dan masyarakat Kota Tangerang sehat dan berprestasi menuju Kota Tangerang Eliminasi TBC pada tahun 2030," kata Dini.

Baca Juga: Merasa Dikriminalisasi, 6 Warga Polisikan Pemkab Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya