Comscore Tracker

Dinkes Kota Tangerang Sweeping Anak-Anak yang Belum Diimunisasi

Sebab banyak orangtua yang anaknya ga boleh diimunisasi

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang dengan 37 puskesmas miliknya melakukan aksi sweeping ke pemukiman warga. Petugas menyisir anak-anak yang belum mengikuti imunisasi dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, kegiatan BIAN akan terus dioptimalkan untuk memenuhi target yang dicapai.

"Kami harapkan partisipasi aktif orangtua untuk bisa menyukseskan program imunisasi BIAN ini karena sangat penting bagi anak-anak," kata Dini dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (3/9/2022).

Baca Juga: Pemkab Tangerang Imbau Orangtua Lengkapi Imunisasi Balitanya

1. Sweeping BIAN dinilai menjadi salah satu pilihan yang tepat dan cepat menjangkau sasaran

Dinkes Kota Tangerang Sweeping Anak-Anak yang Belum DiimunisasiIlustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, Kepala Puskesmas Gebang Raya Setyawan mengungkapkan, selain membuka gerai imunisasi di Puskesmas setiap hari, pihaknya juga membuka posko imunisasi di setiap posyandu.

Aksi sweeping BIAN menjadi salah satu pilihan yang tepat, untuk lebih cepat menjangkau sasaran. “Akhir pekan kemarin kita menggelar di RW 04 dan hari ini kita gelar di RW 02. Ini akan terus kita sisir ke seluruh pemukiman di bawah naungan Puskesmas Gebang Raya,” kata dia, dalam keterangannya.

Aksi sweeping tak hanya ke rumah-rumah warga, tapi anak-anak yang ditemui di jalan. Petugas akan mendekati dan memberikan edukasi kepada orangtuanya mengenai pentingnya imunisasi dasar dan lengkap untuk anak.

2. Orangtua kerap banyak alasan

Dinkes Kota Tangerang Sweeping Anak-Anak yang Belum DiimunisasiMurid SD Negeri Kaliasin V mengantre untuk divaksin saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim

Setyawan mengatakan, kadang saat pelaksanaan imunisasi di Posyandu, ada orangtua yang beralasan anaknya sedang tidur, orangtua yang sibuk bekerja dan banyak alasan lainnya.

Namun, dengan dilakukan sweeping hingga pemukiman padat penduduk, bisa membantu kesibukan orangtua untuk anak-anak tetap mendapat haknya, yaitu imunisasi dasar dan lengkap.

“Kita semua harus sama-sama memahami, bahwa imunisasi adalah hak semua anak. Setiap generasi bangsa berhak untuk sehat, tumbuh dan berkembang optimal, serta mencapai apa yang dicita-citakan,” ujarnya.

Jadi, katanya, ayo semua orangtua di Kota Tangerang khususnya di wilayah Puskesmas Gebang Raya untuk segera mengantar anak-anaknya mengikuti imunisasi, di berbagai gerai yang telah disediakan.

3. BIAN akan berlangsung hingga 19 September 2022

Dinkes Kota Tangerang Sweeping Anak-Anak yang Belum Diimunisasiilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Setyawan menyatakan, Puskesmas Gebang Raya memiliki target 3.643 anak dan hingga saat ini sudah 59,6 persen yang terimunisasi.

Rata-rata setiap harinya, Puskesmas Gebang Raya mengejar 100 anak untuk dapat terimunisasi.

“Dengan itu, kami juga telah bekerja sama dengan dokter pada praktek swasta, klinik swasta hingga bidan praktek mandiri untuk ikut menyediakan layanan BIAN hingga 19 September mendatang,” katanya.

Baca Juga: Bawaslu Tangerang: 6 Nama Kades Dicatut Masuk Parpol

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya