Disindir Warganet, Dinkes Banten Ganti Tampilan Unggahan Instagram

Wajah gubernur dan wakilnya tetap masih ada, tapi... 

Serang, IDN Times - Usai dicibir dan disindir warganet, akun instagram resmi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten akhirnya mengubah tampilan unggahan data informasi perkembangan kasus COVID-19 di Banten.

Dalam tampilan baru itu, akun bernama @dinkes_provbanten ini tak lagi menampilkan wajah Gubernur dan Wakil Gubernur Banten full di slide pertama.

Pantauan IDN Times di Instagram, foto Gubernur dan Wakil Gubernur Banten masih ada, tapi ukurannya lebih kecil. Selain itu, gambar ditempatkan pada sisi kanan bawah.

Baca Juga: Dokter Tirta Soroti Instagram Dinkes Banten, Apa Kata Kadinkes?

1. Dokter Tirta apresiasi tampilan unggahan baru ini

Disindir Warganet, Dinkes Banten Ganti Tampilan Unggahan InstagramRelawan satgas penanganan COVID-19, dr. Tirta Mandira Hudhi (www.instagram.com/@dr.tirta)

Dalam kolom komentar unggahan tersebut, dr Tirta yang sebelumnya menyindir tampilan feed akun ini, memberi apresiasi terhadap langkah tersebut.

"Nah gini dong. Kan lebih enak diliat dan informatif. Tidak anti-kritik. Tapi membuka saran," kata Tirta dalam kolom komentar.

Warganet lain pun turut memuji tampilan baru unggahan tersebut. Seperti yang disampaikan akun @mayauliapril yang menyebut Dinkes Banten tak anti kritik.

2. Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Banten soal tampilan foto kepala daerah

Disindir Warganet, Dinkes Banten Ganti Tampilan Unggahan InstagramKadinkes Banten, Ati Pamudji (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sebelumnya, Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti angkat bicara setelah tampilan Instagram dinas pimpinannya disindir warganet. 

Ati menjelaskan, admininstagramDinkesBanten dikelola oleh pegawai dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Banten.

"Tenaga IT dari Kominfo, tapi ditugaskan oleh Sekda untuk diperbantukan ke Dinkes melalui surat yang dikirim oleh BKD," katanya.

Namun, dia membantah jika posting-an akun Dinkes Banten hanya menampilkan gambar gubernur dan wakil gubernur Banten saja. Melainkan, ada tiga slide yang menayangkan perkembangan data kasus COVID-19 di Banten

"Jangan yang dilihat hanya slide pertama, tapi di situ ada slide ke-2 yang berupa data kasus COVID dan slide ke-3 berisi peta zonasi dan kasus COVID kab/kota," katanya.

Baca Juga: Warganet Bingung, Baliho dan Poster Pemerintah Ada Muka Pejabat

3. Sebelumnya, Instagram Dinkes Banten dinobatkan sebagai feed edukasi COVID-19 "paling rapi"

Disindir Warganet, Dinkes Banten Ganti Tampilan Unggahan InstagramTangkapan layar video

Ati angkat bicara setelah Dokter Tirta menobatkan Instagram Dinkes Banten sebagai "feed edukasi COVID-19 paling rapi".

Sindiran itu disampaikan dokter Tirta dalam chanel Youtube miliknya, Tirta PengPengPeng yang berjudul "Ide Absurd Selama Pandemik". Video itu diunggah pada Kamis (15/7/2021) malam.

"Jadi kita nobatkan Dinkes Prov Banten ini foto feed edukasi covid Instagramnya paling rapi. DKI, Jogja, Jateng, Jatim, lewat semua, paling bagus prov Banten. Bismillah komisaris," dikutip dari pernyataan Tirta, Jumat (16/7/2021).

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya