Comscore Tracker

Hujan Deras Picu Pohon Tumbang di Parung Jaya Kota Tangerang 

Pohon tumbang sempat nyangkut di kabel listrik

Kota Tangerang, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Tangerang, Minggu (7/11/2021) picu satu pohon tumbang di Jalan Parung Jaya, Kelurahan Parung Jaya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Pohon tumbang itu sampai menutup jalan.

"Tadi penyebabnya hujan besar disertai angin kencang sejak pukul 14.00 pas sekitar pukul 14.30 pohon jambu ini langsung roboh. Pas roboh suaranya bergemuruh banget," kata Hasan, warga setempat. 

1. Pohon tumbang sempat nyangkut di kabel listrik

Hujan Deras Picu Pohon Tumbang di Parung Jaya Kota Tangerang Ilustrasi Kabel (IDN Times/Sukma Shakti)

Hasan menuturkan sebelum jatuh ke tanah pohon jambu setinggi 12 meter ini menyangkut di kabel listrik terlebih dahulu. Pohon ini menyangkut di kabel sebelum akhirnya dievakuasi oleh damkar.

"Tadi sempat menutup jalan dari pukul 14.30 tadi itu sampai pukul 15.30 gak bisa dilewatin. Terus ada inisiatif warga sekitar untuk membersihkan sebisanya baru sepeda motor bisa lewat pukul 16.00. Tapi tadi itu hanya bisa dilewati sepeda motor doang. Mobil belum bisa lewat sini," kata dia.

2. Petugas damkar amankan lokasi

Hujan Deras Picu Pohon Tumbang di Parung Jaya Kota Tangerang Dok. Damkar Kota Tangerang

Hasan mengatakan, petugas damkar Kota Tangerang sudah datang ke lokasi sejak pukul 15.30. Tetapi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tidak langsung bertindak karena pohonnya yang menyangkut di kabel listrik.

"Jadi niatnya tadi mau menghubungi PLN dulu untuk dimatikan listriknya. Saat dicek ternyata tidak ada aliran listriknya di kabelnya. Jadi petugas damkar mulai bergerak pukul 17.30," jelasnya.

3. Puncak musim hujan di Kota Tangerang Februari 2022

Hujan Deras Picu Pohon Tumbang di Parung Jaya Kota Tangerang Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Kota Tangerang, memperkirakan puncak musim hujan di kota ini terjadi pada Februari 2022 mendatang.

Hal itu berdasarkan pengamatan yang dilakukan BMKG di Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Baca Juga: 7 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dirawat di RSU Tangerang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya