Kurangi Polusi Udara, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco Enzyme

Penyemprotan dilakukan di Puspemkab Tangerang di Tigaraksa

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang menyemprotkan cairan eco-enzyme di area Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang di Tigaraksa, Jumat (15/9/2023). Penyemprotan ini diklaim jadi cara untuk meminimalis pencemaran atau polusi udara.

"Penyemprotan cairan eco enzyme di Puspemkab ini sekaligus memperingati hari Ozon Internasional," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Salurkan Bantuan Beras untuk 78.515 Keluarga

1. Merupakan bagian dari program bernama Sehati

Kurangi Polusi Udara, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco EnzymeEco Enzim dari sampah sangat bermanfaat (Dok.IDN Times/Gede Praja Mahardika)

Maesyal mengatakan, penyemprotan cairan eco enzyme merupakan implementasi dari program Sekolah Keanekaragaman Hayati disingkat Sehati yang digagas Pemkab Tangerang.

Ia mengatakan, nantinya setiap sekolah diwajibkan untuk menanam dan berinovasi melalui eco enzyme yang manfaatnya dapat dirasakan kembali oleh lingkungan sekolah.

"Saat ini sekitar 33 sekolah yang menerapkan eco enzyme ikut pula dalam penyemprotan di setiap sekolah. Nantinya juga menjadi bagian upaya mengurangi pencemaran udara yang semakin terdampak," kata dia.

2. Ini menjadi bagian dari peringatan hari Ozon Internasional

Kurangi Polusi Udara, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco Enzymeunsplash.com/NASA

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono menambahkan, penyemprotan cairan eco enzyme tersebut untuk menjernihkan udara sekaligus memperingati Hari Ozon Internasional. 

"Cairan eco enzyme berasal dari sampah organik yang difermentasi oleh anak-anak di sekolah. Eco enzyme ini dapat menyerap dan mengikat partikel debu yang ada di udara, sehingga kita berharap dengan adanya kegiatan hari ini dapat mengurangi polusi udara," kata Ujang.

3. Cairan ini disebut baik untuk mahluk hidup

Kurangi Polusi Udara, Pemkab Tangerang Semprotkan Cairan Eco EnzymeDok. Pemkab Tangerang

Menurutnya, cairan tersebut tidak menimbulkan efek samping dan justru sangat baik untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.

"Selain untuk penyemprotan udara, eco enzyme ini bagus untuk tanaman dan tumbuhan lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Gelar Job Fair, 8.471 Lowongan Kerja Tersedia

4. Apa itu eco enzyme?

Dikutip dari yankes.kemkes.go.id, eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah sampah organik, seperti ampas buah dan sayuran, gula.

Ciri ciri eco enzyme yang baik adalah warnanya coklat gelap dan memiliki bau khas fermentasi asam manis yang kuat. Proses fermentasi itu menghasilkan gas O3 (ozon). dan eco enzyme.

Cairan ini memiliki manfaat yang berlipat ganda. Salah satu manfaat cairan ini adalah  pembersih serta pupuk yang ramah lingkungan.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya