MUI Minta Warga Tangsel Boikot Produk Terafiliasi Israel

Upaya ini jadi salah satu mendukung kemerdeaan Palestina

Tangerang Selatan, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 mengenai Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina yang ditetapkan pada 8 November 2023.

Menanggapi itu, Sekretaris Umum MUI Kota Tangsel, Abdul Rojak ditemui sepenuhnya mendukung fatwa tersebut. Rojak menyebut, bahwa mendukung perjuangan kemerdekaan negara Palestina dari entitas Israel adalah wajib hukumnya.

Pihaknya pun mendorong warga Tangsel memboikot semua produk yang berafiliasi dengan entitas Israel.

Baca Juga: 15 Ribu Santri di Kota Tangerang Doakan Warga Palestina

1. MUI: membeli dan menggunakan produk terafiliasi Israel merupakan perbuatan haram

MUI Minta Warga Tangsel Boikot Produk Terafiliasi Israelilustrasi di jalur Gaza (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem)

Rojak menegaskan bahwa tindakan mendukung Israel; membeli produk-produk yang dikeluarkan oleh Israel dan yang berafiliasi dengan Israel; hukumnya haram. "Baik itu berupa makanan, minuman, fashion dan berbagai macam produk lainnya, baik yang secara langsung produk Israel atau yang berafiliasi dengan Israel, adalah hukumnya haram," kata dia.

Dia mengimbau, masyarakat Tangerang Selatan khususnya masyarakat umat muslim, untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan negara Palestina dari cengkraman zionis Israel.

"Baik dengan materiil, moril, doa, pengumpulan dana dan sebagainya," ungkapnya.

2. Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina masuk ke wilayah Gaza

MUI Minta Warga Tangsel Boikot Produk Terafiliasi IsraelFOTO ANTARA/ANADOLU AGENCY/

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah memasuki wilayah Gaza, Palestina. 

Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC), Marwan mengatakan, sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia termasuk Baznas RI telah berhasil masuk ke Gaza melalui gerbang jalur Rafah, Mesir.

"Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar," kata Marwan dalam keterangan tertulis, dikutip dari ANTARA, Sabtu (11/11/2023).

3. Dubes RI untuk Mesir menyaksikan bantuan dari Baznas telah masuk ke Gaza

MUI Minta Warga Tangsel Boikot Produk Terafiliasi IsraelPembangkit listrik di Gaza yang ditutup karena terbatasnya bahan bakar. twitter.com/amra_ashraf

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan Baznas menerima informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bahwa Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf juga menyaksikan bantuan dari Baznas telah masuk ke Gaza.

"Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar," kata Noor.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Buka Donasi Palestina, Terkumpul Rp502 Juta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya