Pemilu 2024 Diprediksi Melelahkan, Pemkot Tangsel Siagakan 108 Nakes

Puluhan puskesmas juga disiagakan

Tangerang Selatan, IDN Times - Para petugas penyelenggara pemilu diprediksi bakal bertugas hingga dinihari, lantaran banyaknya surat suara yang mesti dihitung. Untuk antisipasi, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiagakan 108 petugas medis.

"Ini memang pelaksanaan akan berlangsung panjang karena dalam simulasi yang digunakan beberapa waktu lalu, penghitungan selesai jam 2 pagi," kata Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: Pemkot Tangsel Siapkan Dana Santunan Kematian Petugas TPS Pemilu 2024

1. Pemkot Tangsel siapkan langkah antisipasi

Pemilu 2024 Diprediksi Melelahkan, Pemkot Tangsel Siagakan 108 NakesIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Benyamin mengatakan, pihaknya telah siap mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan terhadap para petugas pemilu. Untuk itu, 35 puskesmas di tujuh wilayah kecamatan pada hari itu akan disiagakan.

"Bahkan kami menyiagakan 108 petugas paramedis untuk berkeliling ke TPS tiap kelurahan," tegasnya.

2. Makanan dan minuman juga disiagakan

Pemilu 2024 Diprediksi Melelahkan, Pemkot Tangsel Siagakan 108 NakesIlustrasi - TPS 08 Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangsel. (Dok. IDN Times)

Benyamin mengaku, juga telah menginstruksikan kepada kelurahan dan kecamatan di Kota Tangsel untuk menyediakan makanan serta minuman ringan selama pemungutan hingga penghitungan suara berlangsung.

"Jadi kami sudah berbicara dengan teman-teman camat dan seterusnya, makan, minum kopi, nanti akan dijamin oleh teman-teman. Karena adhoc ini tamu," kata Benyamin.

3. Sejumlah petugas pemilu meninggal di Pemilu 2019

Pemilu 2024 Diprediksi Melelahkan, Pemkot Tangsel Siagakan 108 NakesIlustrasi pemilihan umum. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel mengungkap, pada Pemilu 2019 lalu terdapat tiga orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara meninggal dunia.

Pemicunya akibat kelelahan karena panjangnya waktu masa tugas. Sementara petugas pengawas TPS yang meninggal satu orang perempuan asal Jelupang, Kecamatan Serpong Utara.

Baca Juga: Tragis! Balita di Tangerang Tewas Dipatuk Ular Kobra

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya