Perlintasan KA di Poris Kota Tangerang Dilebarkan

Sebelum pelebaran, perlintasan itu sering macet parah

Kota Tangerang, IDN Times - Perlintasan Kereta Api (KA) sebidang yang berada di sekitar Stasiun KA Poris terlihat rapi setelah Dinas PUPR kota Tangerang melakukan pelebaran.

Sebagai informasi perlintasan sebidang yang berada tak jauh dari Stasiun Poris tersebut kerap menjadi titik kemacetan. Karena banyak pengendara yang melintas menuju dan dari Jakarta, di lokasi tersebut juga terjadi penyempitan karena ada pos jaga.

1. Izin ke PT KAI memakan waktu

Perlintasan KA di Poris Kota Tangerang DilebarkanIlustrasi KRL. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Proses pelebaran jalan ini pun tidak sebentar. Selama beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berhasil melebarkan jalan. Selain itu, pos jaga perlintasan ini juga digeser sehingga tidak ada lagi penyempitan. 

"Iya dulu prosesnya nunggu harus izin dulu ke KAI dan itu yang memakan waktu lama," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Jumat (20/1/2023).

2. Warga menilai, lalu lintas kini lancar

Perlintasan KA di Poris Kota Tangerang DilebarkanDok. Pemkot Tangerang

"Alhamdulillah sekarang sudah lancar.  Kalau pagi juga enggak semacet biasanya," Ujar Maman tukang ojek di dekat lokasi,  Kamis (19/1/2023). 

3. Ada 300 perlintasan KA tanpa palang di Banten

Perlintasan KA di Poris Kota Tangerang DilebarkanIlustrasi perlintasan kereta. (ANTARA FOTO)

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten mencatat, ada sekitar 200 hingga 300 perlintasan kereta api di wilayahnya tanpa palang pintu. Padahal, jalur lalu lintas yang belum terpasang palang pintu menjadi daerah rawan kecelakaan.

"Di Banten sekitar mencapai 200-300 palang pintu yang belum terpasang," kata Kepala Seksi Angkutan Barang dan Perkeretaapian Dishub Banten Dani Hendra kepada wartawan, Selasa (26/7/2022).

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya