Rapat Pleno KPU Lebak Dimulai, Ditarget Kelar 5 Maret

KPU Lebak buat skema penghitungan

Lebak, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mulai melaksanakan rapat pleno secara terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024, di Ballroom Hotel Mutiara, Kalanganyar, Lebak, Kamis (29/2/2024).

Rapat pleno ini diikuti 28 panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang ada di Kabupaten Lebak. Rapat ini juga dihadiri saksi-saksi utusan masing-masing partai politik.

Ketua KPU Lebak, Dewi Hartini mengatakan, rekapitulasi di tingkat kabupaten ditargetkan bisa selesai dalam waktu lima hari.

“Kami menargetkan pleno ini selesai pada tanggal 4 Maret 2024, tapi kalau berdasarkan PKPU kita harus menyelesaikan di tanggal 5 Maret,” kata Dewi kepada wartawan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kafe Murah di Lebak yang Sayang Banget Kamu Lewatkan

1. KPU membagi jadwal 28 PPK

Rapat Pleno KPU Lebak Dimulai, Ditarget Kelar 5 MaretSurat suara di Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dalam waktu lima hari, kata Dewi, pihaknya akan membagi jadwal 28 PPK untuk melaksanakan proses penghitungan perolehan suara.

“Kami bagi tujuh kecamatan per hari, dengan jadwalnya dari pagi pukul 08.00 sampai pukul 24.00 WIB,” kata Dewi.

2. Persoalan penghitungan tingkat kecamatan sudah diselesaikan

Rapat Pleno KPU Lebak Dimulai, Ditarget Kelar 5 MaretIlustrasi - Salah satu petugas TPS yang memantau jalannya pemilu 2024 pekan lalu.(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dewi memastikan, per hari ini seluruh PPK telah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Logistik dan dokumen juga sudah digeser seluruhnya ke KPU Kabupaten Lebak.

“Terkait dengan persoalan-persoalan yang terjadi saat rekapitulasi di kecamatan tentu sudah diselesaikan di sana. Sinkronisasi dengan teman-teman PPK kami lakukan untuk memastikan tidak ada lagi masalah,” kata Dewi.

3. Tujuh PPK mulai membacakan D Hasil

Rapat Pleno KPU Lebak Dimulai, Ditarget Kelar 5 MaretIlustrasi persiapan rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sementara, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebak, Deni Wahyudin menambahkan, ada tujuh PPK yang dijadwalkan membacakan D Hasil di hari pertama rekapitulasi.

“Kita jadwalkan PPK yang jauh dulu di antaranya Cilograng, Sobang, Cigemblong, Cijaku, Wanasalam, Bayah dan Muncang. Tapi ini tentatif ya,” katanya.

Baca Juga: Usai Pemilu, Ratusan Petugas TPS di Lebak Alami Gangguan Kesehatan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya