Comscore Tracker

WHO Tinjau Fasilitas Pengobatan TBC di Kota Tangerang

Program ini diharap memicu RS lain

Kota Tangerang, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan tim eksternal review yang berasal dari World Health Organization (WHO) melakukan kunjungan Evaluasi Implementasi Public Private Mix (PPM) Tuberkulosis ke sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang.

Kegiatan evaluasi tersebut dilaksanakan bersama tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal (10/8/2022) hingga (12/8/2022) ke beberapa faskes terpilih mulai dari klinik, puskesmas, dan rumah sakit," kata Lisa Felina, Sub Koordinator Pengendalian, Pencegahan, Penyakit Menular (P3M) Dinkes Kota Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang: Balita Peminum Obat Expired Sudah Sehat

1. WHO pantau program PPM

WHO Tinjau Fasilitas Pengobatan TBC di Kota TangerangBendera berkibar di kantor pusat WHO di Jenewa, Swiss (who.int)

Seperti pada hari ini (10/8/2022) dilakukan kunjungan ke dua RS antara lain Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sitanala milik pemerintah dan RS An-nisa milik swasta.

"Dengan adanya kunjungan ini akan melihat sudah sejauh mana program PPM yang telah diimplementasikan dan gambaran fasilitas pelayanan kesehatan dalam menanggulangi tuberkulosis di Kota Tangerang," kata Lisa.

2. Fasilitas pengobatan tuberkulosis yang memadai akan permudah penanganan

WHO Tinjau Fasilitas Pengobatan TBC di Kota TangerangGerakan melawan TBC (Antara)

Selain itu, rekomendasi tatalaksana yang diberikan oleh external reviewer melalui wawancara bersama tim manajemen, tim pelayanan dan mantan pasien TBC.

“Dengan memiliki fasilitas yang baik serta pelayanan yang memadai, hal ini membantu dalam tatalaksana TBC yang dimulai dari penemuan terduga, penemuan kasus hingga pengobatan pasien TBC,” lanjut Lisa.

3. Kegiatan ini diharap motovasi RS lain untuk tingkatkan kualitas

WHO Tinjau Fasilitas Pengobatan TBC di Kota TangerangIlustrasi IGD. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Lisa berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas dalam pelayanan TBC.

Serta menerapkan rekomendasi yang telah diberikan oleh tim external viewer. “Diharapkan praktik baik dari rs An-Nisa dan RSUP dr. Sitanala. dapat di terapkan diseluruh RS di Kota Tangerang baik milik pemerintah maupun milik swasta,” kata Lisa.

Baca Juga: Bengkel Motor di Tangerang Terbakar, Satu Penghuninya Tewas

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya