Ratusan Perwira Polisi Dimutasi

Irjen Firli hingga Kombes Argo Yuwono ikut dimutasi

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 206 perwira polisi dilakukan mutasi oleh Kapolri Jenderal Idham Aziz. Keputusan mutasi itu tertuang dalam Surat No: ST/3020/XI/KEP/2019, tanggal 8 November 2019. Dari 206 perwira itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono dimutasi menjadi Karopenmas Mabes Polri.

Posisi Argo nantinya akan digantikan oleh Kombes Yusri Yunus yang dulunya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri, selain Argo diketahui juga terdapat nama-nama perwira lainnya yang dimutasi.

1. Mutasi merupakan hal rutin yang dilakukan Polri

Ratusan Perwira Polisi DimutasiDokumen Humas Polri

AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri membenarkan adanya mutasi tersebut dan sudah sesuai dengan Surat No: ST/3020/XI/KEP/2019. Menurut Eko, mutasi itu dilakukan secara rutin untuk menggantikan personel, antara lain karena ada yang pensiun.

"Lalu ada yang mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti," jelas Eko saat dikonfirmasi, Jumat (8/11).

Baca Juga: 6 Kapolsek di Langkat Dimutasi, Ini Jabatan Barunya

2. Ikut dimutasi Irjen Firli menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan

Ratusan Perwira Polisi DimutasiDokumen Humas Polri

Beberapa nama perwira lainnya yang muncul didalam surat tersebut yakni Brigjen Dedi Prasetyo diangkat dengan jabatan baru sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri. Sedangkan Brigjen E Permadi yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier SSDM Polri, kini diangkat menjadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Bahkan nama Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) terpilih Firli Bahuri juga mendapatkan kenaikan jabatan, Firli yang dahulunya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan kini menjadi Kabaharkam Polri. Sementara Komjen Condro Kirono yang menjabat sebagai Kabaharkam Polri akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Sumatera Selatan kini diambil oleh Irjen Priyo Widyanto.

3. Kepala Korlantas Polri juga diganti

Ratusan Perwira Polisi DimutasiDokumen Humas Polri

Selain itu juga ada Kepala Korlantas Polri, Irjen Refdi Andri yang digantikan dengan Brigjen Istiono. Istiono sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Babel dan Refdi akan mengisi jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Ada juga nama lainnya yakni, Irjen Muktiono yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri diangkat dengan jabatan baru sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Sedangkan Kapolda Kepulauan Babel akan diisi dengan Brigjen Anang Syarif Hidayat. Anang sebelumnya menjabat sebagai Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AKBP Arie Arian Rishadi dimutasi menjadi Kapolres Metro Jaktim dan posisi sebelimnya digantikan oleh AKBP Adi Ferdian Saputra yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar Rosdm Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Setelah Penusukan Wiranto, Kapolres Pandeglang Dimutasi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya