Comscore Tracker

Santriwati Asal Tangerang yang Hilang Ditemukan di Jakpus

Ponpes angkat tangan karena santriwati itu kerap kabur

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Seorang santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Nurunnisa di Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, Banten, yang dilaporkan hilang beberapa waktu lalu kini sudah ditemukan. Annisa Javariana (16) ditemukan sang ayahanda Bambang Irianto (57) di kawasan Jakarta Pusat.

Menurut Bambang, Annisa kabur dari Ponpes tempatnya mengenyam pendidikan lantaran mengalami perundungan oleh sesama santri lainnya. Sementara itu pihak Ponpes Nurunnisa mengatakan Annisa mendapatkan perlakuan baik selama di pondok.

1. Annisa ditemukan di Jakpus

Santriwati Asal Tangerang yang Hilang Ditemukan di JakpusIDN Times/Candra Irawan

Bambang Irianto mengatakan, Annisa Javariana sudah ditemukan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9). Annisa saat ditemukan dalam keadaan sehat, setelah hilang selama 28 hari.

"Kata dia (Annisa) kabur dari Ponpes karena di bullying oleh teman-teman sekolahnya, mungkin karena dia tidak tahan di bullying makanya dia pergi. Sekarang Annisa sudah di rumah dan sudah bersama saya," singkatnya kepada IDN Times, Minggu (22/9).

2. Ponpes angkat tangan soal Annisa

Santriwati Asal Tangerang yang Hilang Ditemukan di JakpusIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu pemilik Ponpes Nurunnisa, Ulyah menjelaskan, pihaknya telah angkat tangan terhadap hilangnya Annisa Javariana, sebab Ulyah menyebut bila perilaku Anisa selama mengeyam pendidikan di sana mendapat penilaian yang kurang baik.

Selain itu keberadaan Annisa di Ponpes itu adalah titipan dari salah satu warga di Desa Bakung Kecamatan Kronjo dan ia juga mengklaim telah merawat Anisa seperti anaknya sendiri serta mempersilakan Annisa mengenyam pendidikan di Ponpes itu tanpa memungut biaya seper pun.

"Awal mulanya Annisa di Ponpes karena diantarkan temannya dari Desa Bakung, dan saya terima saja Annisa untuk belajar dan tinggal di Ponpes. Karena saya merasa kasihan terhadap Annisa yang katanya terpisah dari orang tuanya, Annisa tinggal katanya di Jakarta dan sampai ke Kabupaten Tangerang karena tidak tahu jalan," ujarnya saat ditemui di Ponpes Nurunnisa Jalan Raya Kronjo km RT 12/ 03, Desa Bakung Kecamatan Kronjo.

3. Annisa sempat diangkat anggota keluarga di Desa Bakung

Santriwati Asal Tangerang yang Hilang Ditemukan di JakpusIDN Times/Candra Irawan

Menurut Ulyah, sebelum diantarkan ke Ponpes Annisa merupakan anak angkat dari warga Desa Bakung yang mengantarkannya ke Ponpes itu, warga desa bernama Bayinah menemukan Annisa saat diguyur (dikerubungi) remaja laki-laki di Kecamatan Kronjo. Kemudian Bayinah yang tidak memiliki anak perempuan merasa kasihan dan mengangkat Annisa sebagai anaknya dengan disaksikan oleh kepala desa setempat.

"Setelah diangkat anak, katanya bocah itu malas dan hanya makan tidur saja. Terus katanya Annisa juga kabur-kaburan pada saat di situ, akhirnya diantarkan ke Ponpes. Kalau saya kasihan dan menampung Annisa di sini yang penting dia belajar dan ngaji yang rajin, makan jangan khawatir dan duit juga saya kasih untuk jajan dia. Selain itu di sini juga saya tidak minta uang iuran sepeser pun yang penting dia rajin saja dan bantu-bantu di sini," ungkapnya.

4. Selama di Ponpes, Annisa disebut kerap kabur-kaburan

Santriwati Asal Tangerang yang Hilang Ditemukan di JakpusIDN Times/Candra Irawan

Ulyah mengungkapkan, setelah beberapa minggu tinggal di Ponpes itu, perilaku Annisa juga tidak mau berubah. Ulyah menyebut jika Annisa kerap pergi tanpa izin, selain itu kepergian Annisa juga tidak dilakukannya pada siang hari saja tetapi juga malam hari. Hal tersebut lah yang membuat pihak Ulyah angkat tangan terhadap Annisa, yang kerap membuat khawatir dirinya.

"Siang, malam tidak ada di sini. Saya takut namanya dia anak perempuan saya takut Annisa kenapa-kenapa, dan Annisa hilang juga memang dia pergi sendiri dari sini. Kami sudah berupaya karena memang Annisa dititipkan ke sini oleh warga Desa Bakung," ucap Ulyah.

Baca Juga: Rumah di Pondok Pesantren Al Izzah Balikpapan Diamuk si Jago Merah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You