Pj Gubernur Sembelih Sendiri Sapi Kurban Presiden Seberat 1,15 Ton 

Daging hewan itu bakal dibagikan ke penderita stunting

Serang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar menyembelih secara langsung sapi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Banten sebagai bantuan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Penyembelihan tersebut dilakukan di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (29/6/2023). Hewan kurban yang berada di Masjid Raya Al Bantani pada tahun ini terdapat 45 ekor sapi, 2 ekor kerbau dan 19 ekor kambing.

Baca Juga: Potret Salat Idul Adha Di Tangerang Raya

1. Pj Gubernur Banten: ini bagian dari takzim ke Presiden Jokowi

Pj Gubernur Sembelih Sendiri Sapi Kurban Presiden Seberat 1,15 Ton Presiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Selain hewan kurban sapi bantuan Presiden Jokowi, Al Muktabar juga menyembelih 5 hewan kurban yang lainnyanya, terdiri dari 4 ekor sapi dan 1 ekor kerbau.

"Saya memotong sendiri hewan kurban dari Bapak Presiden, dan itu bagian dari takzim kita kepada pemimpin," kata Al Muktabar.

2. Daging hewan kurban bakal disalurkan ke penderita stunting

Pj Gubernur Sembelih Sendiri Sapi Kurban Presiden Seberat 1,15 Ton Dok.istimewa/pemprovbanten

Selanjutnya, Al Muktabar mengatakan daging hewan kurban tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan keluarga anak pendetita stunting.

"Karena itu salah satu upaya kita dalam perbaikan gizi, nutrisi, vitamin dan seterusnya," katanya.

Al Muktabar menjelaskan alasan sebagian hewan kurban akan disembelih pada malam hari, hal itu dilakukan untuk dapat menjaga kesegaran daging kurban itu sendiri.

"Dan mengapa malam kita potong, karena agar besok masih segar untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita," katanya.

3. Sebelum disembelih, hewan diperiksa kesehatannya

Pj Gubernur Sembelih Sendiri Sapi Kurban Presiden Seberat 1,15 Ton Dok.istimewa/pemprovbanten

Sementara, Kepala Dinas Petanian Provinsi Banten Agus M Tauchid menyampaikan pihaknya telah memeriksa antemortem kepada sejumlah hewan kurban yang akan disembelih di Masjid Raya Al Bantani.

"Setelah hewan kurban dipotong kita juga melakukan pemeriksanaan postmortem untuk memastikan kesehatan hewan dan kelayakan daging kurban untuk dikonsumsi," katanya.

Baca Juga: Viral Kasus Revenge Porn, Kajati Banten: Hanya Miskomunikasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya