Senin Depan PTM di Kota Tangerang Dibatasi 50 Persen 

Akan ada evaluasi setelah seminggu pelaksanaan PTM

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang akan kembali membuka PTM Terbatas, pada 7 Maret mendatang dengan kapasitas 50 persen.

“Atas rekomendasi Dinas Kesehatan dan sejumlah lembaga lainnya, tak terkecuali Walikota Tangerang, maka pekan depan PTM Terbatas akan kita buka kembali pada tingkat SD dan SMP. Namun masih terbatas hanya 50 persen saja,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Jamalludin, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Senin Depan, Kota Tangerang Gelar PTM Tingkat SMP 

1. PTM terbatas dilakukan kelas 6 SD dan 9 SMP

Senin Depan PTM di Kota Tangerang Dibatasi 50 Persen Ilustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jamal menjelaskan, pada tahap awal PTM Terbatas hanya diikuti siswa siswi kelas 6 SD dan 9 SMP, di seluruh sekolah baik negeri maupun swasta.

Untuk pelaksanaan PTM terbatas itu, Jamal mengaku, Dindik sudah menurunkan tim sejak tiga hari lalu. Mereka bergerak untuk mengecek kebersihan, kesiapan sarana parasarana hingga pengecekan capaian vaksinasi.

“Hasilnya, Dindik sudah memastikan semua sekolah telah dibersihkan dan didesinfektan sehingga siap untuk melangsungkan PTM Terbatas. Kalau secara SOP sama seperti PTM Terbatas,” jelas Jamal.

Satu hal yang perlu digarisbawahi juga, imbuhnya, kantin belum boleh beroperasi. Siswa dan guru dianjurkan membawa bekal dan peralatan makan masing-masing. "Rutin cuci tangan, selalu pakai masker, dan diwajibkan langsung pulang," jelasnya. 

Baca Juga: Siswa Kelas 6 SD dan 3 SMP di Tangsel Kembali PTM Hari Ini

2. Evaluasi akan dilaksanakan setelah sepekan pelaksanaan PTM

Senin Depan PTM di Kota Tangerang Dibatasi 50 Persen Ilustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Jika nanti PTM Terbatas sudah berlangsung sepekan, Dindik akan langsung melaksanakan evaluasi. “Jika dinilai aman, maka PTM Terbatas akan diikuti siswa kelas lainnya secara bertahap dan bergilir,” katanya.

Di sisi lain, bersamaan dengan pelaksanaan PTM Terbatas, kata Jamal,  Dindik juga menerjunkan tim untuk mendata ulang capaian vaksinasi pelajar. Pasalnya, PTM Terbatas harus beriringan dengan capaian vaksinasi pelajar yang tinggi.

“Kalau vaksinasi guru sudah dipastikan maksimal, hanya tersisa guru-guru yang punya komorbid," jelasnya.

Sementara untuk pelajar pada 6-11 tahun, capaian vaksinasi sudah 162.390 anak atau 87,3 persen. "Sedangkan umur SMP didata Dinkes tergabung pada kategori remaja. Angka ini yang perlu kita sisir, pastikan dan maksimalkan capaiannya,” jelas Jamal.

3. Warga diimbau memvaksinasi anak mereka

Senin Depan PTM di Kota Tangerang Dibatasi 50 Persen Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty meninjau Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di BSSC Dome, Balikpapan. (IDN Times/ Fatmawati)

Ia pun mengimbau, bagi seluruh walimurid untuk mengikuti seluruh aturan PTM Terbatas salah satunya anak-anaknya yang harus segera mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Selain itu, para guru dan kepala sekolah untuk memastikan keamanan atas keberlangsungan PTM Terbatas. Ini membutuhkan kerjasama semua pihak, untuk dunia pendidikan yang lebih baik lagi,” imbaunya.

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Tangerang Ditarget Rampung Januari 2022

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya