Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!

Ada Negeri di Atas Awan hingga arung jeram

Serang, IDN Times - Setelah melepaskan diri dari Jawa Barat tahun 2000 lalu, Banten terus berbenah. Salah satu sektor yang terus dikembangkan hingga kini adalah pariwisata. 

Nah, ada beberapa tempat yang menjadi andalan Banten untuk menarik wisatawan. Beberapa di antaranya pun benar-benar menjadi favorit wisatawan lokal maupun dari luar Banten. 

Nah, berikut 10 tempat wisata populer di Banten.

1. Pantai Anyer Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Sejumlah wisatawan memanfaatkan waktu usai berlebaran dengan rekreasi di Pantai Sambolo Anyer, Serang (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan yang berlokasi di Serang.

Jika kamu berencana untuk menginap di kawasan Pantai Anyer, tidak perlu khawatir. Di sekitar kawasan wisata ini berderet tempat penginapan. Kamu pun bisa memilih yang sesuai dengan budget, mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah per malam. 

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan Murah di Kawasan Wisata Anyer Banten

Baca Juga: Rekomendasi 7 Hotel Dekat Pantai Anyer Buat Liburan Adem Kamu

2. Arung Jeram Sungai Ciberang Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Arung jeram di Sungai Ciberang (https://banten-rafting.com via Wikimedia.org)

Arung jeram yang berlokasi di sekitar wilayah Banten ini juga menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh pengunjung yang berasal dari luar Kota Banten. Di sekitar area arung jeram Sungai Ciberang ini terdapat sebuah danau yang airnya masih jernih dan asri serta dikelilingi pepohonan dan perbukitan yang hijau.

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus melewati jalan yang kurang nyaman yaitu jalur yang berkelok-kelok dan curam. Untuk menuju tempat arung jeram ini lebih baik ditempuh melalui kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

3. Masjid Agung Banten Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Masjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1569. Masjid Agung Banten memiliki arsitektur yang masih kental dengan karakter masa lalu dan sangat etnik. Masjid Agung Banten memiliki gaya perpaduan budaya Hindu, Cina, Jawa, dan Eropa.

Masjid Agung Banten merupakan salah satu tempat populer, terutama sebagai tujuan wisata religi. Gak heran, tempat ini biasanya penuh ketika hari-hari besar Umat Islam, termasuk Idulfitri dan Iduladha.

4. Rawa Dano Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Rawa Dano (dispar.bantenprov.go.id)

Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang yang dapat ditempuh kurang lebih 100 kilometer dari Jakarta. Rawa Dano ini merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang memiliki panorama alam yang menakjubkan dan tidak boleh dilewatkan.

5. Negeri di Atas Awan Lebak

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!(Objek wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, Lebak, Banten) Instagram.com/@arisaputrw9644

Negeri di Atas Awan ini sempat viral dan hits beberapa waktu lalu. Pesonanya masih terus menarik pengunjung, hingga saat ini, apalagi setelah pemerintah setempat terus membenahi dan melengkapi fasilitas tujuan wisata yang satu ini. 

Negeri di atas awan ini berada di Gunung Luhur, tepatnya di Desa Citorek Kidul, Cibeber, Lebak.  Jika kamu ingin membawa mobil, kamu hanya bisa sampai lereng gunung karena jembatan untuk akses ke puncak gunung belum selesai diperbaiki--setelah hancur dihantam banjir bandang pada awal 2020. Nah, jika kamu ingin berkendara sampai puncak, pilihannya bisa menggunakan sepeda motor.

Pemandangan yang begitu indah akan memanjakan mata begitu kamu tiba di puncak gunung, yakni hamparan awan putih seluas samudra terbentang.

Namun sebaiknya jika ingin melihat pemandangan awan keren tersebut pendaki harus tiba di lokasi tersebut sekitar jam 05.00 sampai 07.00 pagi. Para pendaki juga bisa menyewa lahan untuk mendirikan tenda dengan harga Rp30.000/tendanya. Dan untuk penyewaan tenda sendiri harganya mulai dari Rp100.000/tenda.

Baca Juga: Cerita Sukmadi, Penggagas Wisata Negeri di Atas Awan Banten

Baca Juga: Gubernur Banten Resmikan Masjid di Negeri di Atas Awan Lebak

6. Pulau Sangiang Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Pulau Sangiang (Instagram.com/nikedeni)

Pulau Sangiang tepatnya berlokasi di Selat Sunda, dan dapat ditempuh dengan perahu dari pantai Anyer. Waktu tempuh akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkunjung kesini adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. 

7. Pantai Sawarna Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Pantai Sawarna (instagram.com/qhioqhio)

Pantai ini merupakan kawasan yang terletak di Bayah, Banten. Pantai Sawarna masih tergolong objek wisata baru. Tempat yang populer karena media sosial ini terletak di daerah Bayah.

Pantai ini biasa dijadikan tempat berselancar oleh wisatawan karena ombaknya yang tinggi.

8. Pemukiman Baduy

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!Suku Baduy (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Suku Baduy yang mendiami sebagian wilayah Lebak ini memiliki gaya hidup unik, yakni tidak menerima perkembangan zaman dari luar, termasuk listrik dan teknologi. Mereka setia menjalankan amanat dan cara hidup seperti nenek moyang mereka yang dekat dengan alam. 

Pemukiman Baduy merupakan tujuan wisata yang gak hanya terkenal di Banten, tapi ke mancanegara loh. Namun, kamu wajib mengikuti aturan warga setempat ya ketika mengunjungi pemukiman Baduy di Desa Kanekes. 

Baca Juga: Filosofi dan Keseriusan Suku Baduy dalam Menjaga Hutan 

Baca Juga: 8 Tips Berwisata ke Pemukiman Baduy di Lebak

9. Curug Bumi Banten

Salah satu tempat wisata yang dianggap sangat sejuk dan alami adalah Curug Bumi atau yang sering disebut Leuwi Bumi. Air terjun ini memiliki kolam air yang sangat jernih dan sangat menyegarkan. 

10. Taman Nasional Ujung Kulon Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Berangkat!commons.wikimedia.org

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan alam yang paling dilestarikan di Indonesia yang memegang peran penting dan masih dipertahankan atau dilestarikan oleh Indonesia. Ada banyak daya tarik yang menarik para pengunjung untuk menginjakkan kaki di tempat ini. Termasuk beberapa hutan tropis di dataran rendah yang sangat indah dan menakjubkan.

Baca Juga: 8 Hewan Dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon

Baca Juga: Kapal Klotok, Satu-satunya Alat Transportasi ke Ujung Kulon  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya