Comscore Tracker

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!

Kamu bisa menambah ilmu sambil jalan-jalan. Mau?

Jalan-jalan ke museum di Serang? Siapa takut? Museum kini tidaklah menyeramkan seperti dulu.

Museum menjadi tempat yang asyik dikunjungi. Gak hanya itu, kamu juga bisa menimba ilmu pengetahuan, sesuai dengan tema museum. 

Nah, mau tahu 5 museum di Serang yang direkomendasikan? Ini dia! 

1. Museum Golok Ciomas

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!Museum Golok Ciomas (Google/Lili Aliya)

Museum di Serang seperti Museum Golok Ciomas juga perlu dikunjungi. Pasalnya, museum ini menyimpan koleksi golok buatan Ciomas yang asli dibuat pandai besi setempat. 

Terletak di Serang, tepatnya di Citaman, museum di Serang ini dapat ditempuh dalam waktu 30-40 menit dengan jarak 25 km. 

Museum ini juga memiliki golok raksasa dengan panjang 7 meter, lebar 45 sentimeter, dan berat 2 ton, yang diprakarsai oleh Kyai Muhaimin Soleh AB. Yuk mampir!

2. Museum Negeri Banten

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!Museum Negeri Banten (http://cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Museum di Serang berikutnya, yakni Museum Negeri Banten. Museum di Serang yang terletak di pusat kota ini berada di Jalan Brigjen KH Samun No.5, Kotabaru, Kecamatan Serang. 

Sebelum diresmikan sebagai museum, gedung ini merupakan bangunan Karesidenan Banten pada 1821, gedung pemerintahan Jepang, hingga kantor Residen Banten dan Inspektur Wilayah Banten. Ketika Banten resmi menjadi provinsi pada tahun 2000, bangunan ini menjadi kantor Gubernur Banten. 

Mampir yuk ke museum ini! Buka dari Senin-Jumat pada pukul 9 pagi s/d 5 sore. 

Baca Juga: 9 Wisata di Pandeglang Ini Gak Jauh dari Jakarta Loh

3. Museum Sepeda Pramuka Keliling Dunia

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!Museum Sepeda Pramuka Keliling Dunia (Facebook/museumsepedapramukakelilingdunia)

Museum yang berdiri pada tahun 1993, Museum Sepeda Pramuka Keliling Dunia, diprakarsai oleh Fauna Sukma Prayoga, traveler dan pesepeda yang menjelajahi beberapa negara dari tahun 1985-1990. Museum di Serang ini, lokasinya terletak di Jl. Raya Serang – Pandeglang KM 5. 

Museum ini menyimpan koleksi sepeda, alat dokumentasi (kamera video dan perekam), cendera mata, mata uang asing, paspor, sertifikat, penghargaan, hingga surat-surat perjalanan. 

Museum Sepeda buka tiap Senin hingga Sabtu dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Yuk berkunjung!

4. Museum Situs Kepurbakalaan Banten

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama (https://dispar.bantenprov.go.id)

Meski terletak 12 km dari pusat kota, museum di Serang ini masih termasuk Kecamatan Kasemen. Berada di kawasan Banten Lama, museum ini memiliki peninggalan bersejarah berupa keramik, meriam, gerabah, aneka keris dan tombak, hingga arca. 


Mampir yuk ke museum di Serang ini! Buka tiap Senin-Sabtu dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. 

5. Museum Gedung Juang 45 Serang

5 Museum di Serang, Mampir di Weekend Nanti Yuk!Museum Gedung Juang 45 (https://serangkota.go.id)

Gedung yang sudah dibuka untuk umum ini berlokasi di Jalan Ki Mas Jong dan berdekatan dengan Alun-Alun Kota Serang. 

Gedung ini memiliki perpustakaan anak, ruang teater mini, dan ruang sejarah digital. Sambil ke museum, mampir juga ke perpustakaan umum. Yuk mampir! Museum ini buka tiap Senin-Jumat dari pukul 9 pagi – 4 sore. 

Baca Juga: 7 Museum di Banten, Unik Juga Bikin Kamu Tambah Pintar


Itulah 7 museum di Serang yang direkomendasikan. Kapan lagi kan jalan-jalan ke museum? 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya