Comscore Tracker

Curug Cibogo, Wisata Alam yang Bikin Adem dan Masih Sepi

Di tengah pandemik, mending pergi ke tempat wisata yang sepi

Banten mempunyai banyak keindahan alam, dari yang masih tersembunyi hingga dikenal banyak orang. Di musim liburan panjang saat ini, tempat wisata yang terkenal pasti dipadati pengunjung. 

Jika kamu mencari tempat wisata yang masih sepi, ada beberapa pilihan di Banten. Salah satunya adalah Curug Cibogo yang berada di Kabupaten Lebak. 

Di sini, kamu tetap bisa menikmati pemandangan air terjun dan alam yang meneduhkan hati dan mata. 

Selain itu, kamu juga bisa bermain air atau mandi. Kalau tak membawa baju ganti, duduk santai di antara bebatuan juga jadi rekomendasi kegiatan kamu di sana. Jangan lupa, foto ya.

Simak nih penjelasannya. 

Baca Juga: Pantai Karang Taraje, Unik dan Eksotis di Lebak

1. Lokasi Air Terjun Cibogo

Air terjun ini berada di Kampung Cibangkur Kidul, Desa Sukadaya, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten. Nama dari destinasi wisata ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Bagi warga sekitar, curug ini sebetulny sudah dikenal sejak lama. Namun, baru-baru ini Curug Cibogo juga menarik orang dari luar daerah.

2. Catat rute menuju Curug Cibogo Lebak

Curug Cibogo, Wisata Alam yang Bikin Adem dan Masih SepiCurug Cibogo Lebak Banten (Instagram/ desi_rachmaldini13)

Jika kamu tertarik ke sana, pertama kamu harus ke Kota Rangkasbitung, terlebih dahulu.

Dari Rangkasbitung, lokasi curug bisa kamu capai dalam perjalanan 25-30 menit saja. Kamu mulai dari arah pertigaan Sampay Warunggunung menuju ke arah Koncang yang dekat di Kantor Desa Sukadaya.

Jalurnya yang tidak terlalu rumit ini bisa memudahkan perjalanan kamu menuju ke perkampungan terdekat untuk ke air terjun. Sesampainya di perkampungan kamu bisa parkir kendaraan di area yang sudah disediakan oleh pengelola setempat.

Menuju ke lokasi air terjun yang tidak jauh dari perkampungan ini cukup mudah. Kamu bisa berangkat dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil ataupun sepeda motor.

Setelah sampai di Kampung Cibangkur Kidul bisa kamu titipkan di area parkir yang sudah disediakan oleh warga pengelola setempat. Dari area parkir kamu bisa melanjutkan dengan berjalan kaki yang tidak jauh dari perkampungan untuk menuju ke air terjun Cibogo.

3. Harga tiket dan parkir

Curug Cibogo, Wisata Alam yang Bikin Adem dan Masih SepiIlustrasi ATM disimpan di dompet.anekataskulit.com

Curug ini memang sudah ada sejak lama, namun tidak dibuka untuk umum. Hingga pada akhirnya pemilik lahan area air terjun tersebut ingin mencari alternatif untuk penghasilan tambahan karena baru saja di PHK dari pekerjaannya.

Lalu ada ide inisiatif untuk memanfaatkan air terjun Cibogo ini menjadi tempat wisata alam. Dari situlah kemudian air terjun Cibogo dibuka untuk umum dan dikelola dengan baik.

Sebagai wisata baru yang belum dikenal banyak orang ini belum mematok harga untuk tarif tiket masuk. Sehingga bagi pengunjung yang datang bisa mengunjungi air terjun Cibogo secara gratis.

Kamu cukup membayar tiket parkir kendaraan ke warga yang mengelola curug tersebut secara sukarela. Tidak harus membayar mahal kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang disajikan oleh air terjun Cibogo kampung Cibangkur Kidul.

4. Kamu bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus

Curug Cibogo, Wisata Alam yang Bikin Adem dan Masih SepiCurug Cibogo Lebak Banten (Instagram/giri_baguss)

Letak air terjun Cibogo ini berdekatan dengan air terjun yang lainnya. Kamu bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus dalam melakukan wisata alam ini.

Namun untuk wisata air terjun yang satunya belum dikelola dengan baik oleh warga setempat dan baru Curug Cibogo saja. Dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan kemungkinan besar ke depan akan dilakukan pengelolaan hingga pengembangan maksimal sebagai lokasi wisata alam.

Bagaimana, kamu tertarik pergi ke Curug Cibogo Lebak? Sebelum berangkat, kumpulkan dulu informasi lebih lengkap, terutama cuaca ya. Jika ada perkiraan hujan, kamu jangan lupa membawa jas hujan dan sepatu yang tidak licin. 

Selamat berlibur dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan ya. 

Baca Juga: Daftar 7 Penginapan Murah di Lebak, Gak Bikin Kantong Bolong

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya