Comscore Tracker

Curug Cikotak Banten: Info Rute, Harga, Lokasi Wisata Air Terjun

Curug Cikotak kerap disebut pemandian para bidadari

Serang adalah salah satu daerah yang ada di Banten dengan sajian keindahan alamnya super lengkap. Selain pantainya yang sangat terkenal, Serang juga mempunyai air terjun unik, yakni Curug Cikotak Banten.

Salah satu curug yang ada di Banten dengan ketinggian mencapai 40 meter. Curug Cikotak seringkali dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian para bidadari.

Area sekitar yang disajikan oleh curug yaitu keindahan alamnya dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Selain itu air terjun ini mempunyai debit yang cukup deras dan tersedia kolam alami dengan air jernih.

Baca Juga: 7 Tempat Camping di Cilegon Buat Kamu yang Ingin Liburan

1. Lokasi dan rute ke Curug Cikotak

Curug Cikotak berada di Kampung Cikotak, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Serang.

Kawasan air terjun berjarak 1 km dari alun-alun Kota Serang atau memakan waktu perjalanan sekitar 10 hingga 20 menit. Untuk menuju ke lokasi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil ataupun sepeda motor.

Setelah sampai kamu bisa menitipkan kendaraan di lahan parkir yang sudah disediakan. Dari titik ini, kamu masih membutuhkan waktu selama 20 menit untuk sampai ke air terjun Cikotak dengan trek perjalanan perbukitan naik turun.

Apabila kamu sudah lelah maka langsung beristirahat saja jangan dipaksakan, selain itu kamu akan disuguhkan banyak pohon menjulang tinggi.

2. Waktu tepat untuk berkunjung

Curug Cikotak Banten: Info Rute, Harga, Lokasi Wisata Air TerjunCurug Cikotak (Instagram/bayy.drr)

Tidak semua waktu yang ada ini bagus untuk melakukan perjalanan ke Curug Cikotak. Sebaiknya kamu tidak mengunjungi tempat ini saat musim hujan. Sebab jika musim hujan maka airnya cenderung lebih keruh dan lokasi lebih licin.

Waktu terbaik untuk liburan ke Curug Cikotak, yaitu kala musim pancaroba, sebelum pukul 15.00. Jika kamu datang pukul 16.00 tidak akan puas berada di lokasi karena keburu gelap, sementara perjalanan pulang pergi memakan waktu 50 menit.

Baca Juga: 10 Curug di Banten Ini Pas Dikunjungi saat Liburan, Bikin Pikiran Adem

Suguhan pemandangan untuk memanjakan mata

Saat kamu menuju ke lokasi air terjun pastinya tidak akan menemukan kesulitan karena rute jalannya tinggal lurus mengikuti jalan setapak yang ada. Selama perjalanan kamu disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi dan beberapa tulisan lucu dari masyarakat setempat.

Di antara jalan setapak tersebut kamu bisa istirahat di berbagai tempat duduk yang tersedia. Ketika kamu beruntung akan mendengarkan kicauan burung yang memiliki suara merdu dan nyaring.

Setelah sampai, kamu bisa duduk santai di bebatuan sembari menikmati sajian makanan yang dapat kamu pesan di penjual sekitar. Panorama alam yang asri dengan suara air dari curug yang menenangkan dijamin bikin kamu betah berada di lokasi.

Pastikan ketika datang kamu tetap menjaga kebersihan sebagai bentuk melestarikan alam. Jangan pulang terlalu sore karena amat berbahaya apabila sudah gelap belum berada di area perkampungan.

Harga Tiket Masuk

Curug Cikotak Banten: Info Rute, Harga, Lokasi Wisata Air TerjunIDN Times / Auriga Agustina

Sebelum masuk ke lokasi curug Cikotak Banten bisa membeli tiket terlebih dahulu dengan harga 10 ribu per orang. Sementara itu untuk retribusi parkir kendaraan roda dua atau sepeda motor sebesar 10 ribu dan mobil sebesar 15 ribu.

Demikianlah penjabaran mengenai keberadaan Curug Cikotak Banten yang tidak jauh dari Kota Serang. Air terjun yang menyajikan keindahan alam masih bersih dan terawat.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya