Comscore Tracker

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin Adem

Stres jauh-jauh deh~

Di tengah pandemik COVID-19, liburan ke pegunungan merupakan salah satu pilihan tepat. Nah, jika kamu berencana traveling seru, tapi bisa menjauh dari kerumunan, pilih wisata gunung aja.

Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Gunung Batur yang terletak di Kecamatan Pulomerak, Cilegon. Gunung ini populer dengan berbagai kegiatan seperti trekking, tamasya, eksplorasi hewan, paralayang, dan lain-lain. 

Jika kamu tidak menyukai aktivitas ekstrem, gunung bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai. Ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Banten. Tidak heran, Gunung Batur cukup terkenal tidak hanya bagi masyarakat sekitar Banten melainkan wisatawan dari daerah lainnya.

Baca Juga: Daftar 7 Penginapan Murah di Lebak, Gak Bikin Kantong Bolong

1. Rute ke Gunung Batur

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin AdemPixabay

Jika kamu berasal dari Jakarta dan sekitarnya, tujuan pertama yang harus kamu datangi adalah Kota Cilegon. Kamu bisa memilih berbagai jenis alat transportasi untuk sampai di di Cilegon. 

Jaraknya 119 km dan perjalanan bisa memakan waktu 2-3 jam. Setelah sampai di Kota Cilegon, tujuan selanjutnya adalah Kecamatan Pulomerak. Dari sana, Gunung Batur terlihat. Gunung ini tepatnya berada di Desa Mekarsari.

Jika kamu malas ribet, kamu bisa menyewa pemandu wisata kok. 

2. Nuansa Gunung Batur

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin AdemIlustrasi daya juang (freepik.com/pressfoto)

Jika dilihat secara sekilas, Gunung Batur memiliki bentuk fisik yang mirip dengan Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, Gunung Batur memiliki pohon dan tanaman yang lebih lebat yang menandakan ada lebih banyak fauna dan flora daripada gunung lainnya. 

Bentang alam Gunung Batur sedikit menantang, sehingga cocok untuk yang menyukai trekking. Pemandangannya dijamin bisa bikin hati adem dan memanjakan mata.

Pada pagi hari, tempat ini sangat dingin dan semakin panas pada siang hari. Saat kamu akan berkunjung, sesuaikan outfit dan peralatan yang perlu kamu bawa. Dengan begitu, kamu dapat menjelajahi gunung dengan nyaman.

3. Menjelajahi Gunung Batur

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin Ademinstagram.com/iraswira

Ada nama lain dari gunung ini yaitu Gunung Merak. Hal ini dikarenakan gunung ini berlokasi di Kecamatan Pulomerak. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kmudapat melakukan banyak hal di Batur. Hiking adalah kegiatan yang paling populer. Kamu bisa mendaki bersama teman. Untuk pemula, lebih baik datang dengan pemandu wisata atau ahli. Setidaknya, kamu harus mengetahui rute trekking dan perlengkapan yang harus dibawa.

Selain hiking, kamu bisa mencoba aktivitas lain seperti berkemah. Gunung Batur menyediakan area camping, sehingga kamu bisa memilih untuk menikmati alam dengan sepenuh hati. Sekali lagi, kamu harus datang dengan peralatan dan peralatan yang tepat. 

Selain itu, kamu juga harus memilih tempat yang tepat untuk berkemah. Penduduk setempat dapat membantu kamu memilih lokasi terbaik. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah belajar tentang flora dan fauna. Gunung Batur adalah rumah bagi banyak makhluk hidup. 

Dengan demikian, Anda bisa mengamati dan lebih dekat dengan hewan-hewan tersebut termasuk burung, serangga, dan banyak lagi.

 

4. Paralayang? Bisa juga loh

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin Ademinhabitat.com

Jika kamu penggemar olahraga, kamu mungkin akan tertarik untuk melakukan jogging atau paralayang. Kamu dapat meminta bantuan penduduk setempat untuk mengetahui rute – rute yang akan kamu gunakan untuk berolahraga.

Hal lain yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah tamasya. Begitu sampai di puncak gunung, kamu hanya perlu duduk dan rileks serta menikmati pemandangan yang begitu indah. 

Dari atas gunung ini kamu bisa melihat rumah-rumah lokal, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, dan banyak lagi. Belum lagi Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari yang menakjubkan.

5. Penginapan

Gunung Batur, Wisata Pegunungan di Banten yang Bikin Ademilustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu malas berkemah, tapi ingin bermalam di sekitar Gunung Batur, ada beberapa penginapan yang mungkin dapat kamu adikan referensi. Penginapa – penginapan tersebut antara lain Hotel Feri Merak, Royale Krakatau, dan Pesona Enasa.

Sebelum menuju ke sana, pastikan Anda mendapatkan penginapan terlebih dahulu ya. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Nih

Selamat berpetualang. Ingat, pandemik COVID-19 belum selesai, sehingga kamu wajib menerapkan protokol kesehatan ya

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya