Comscore Tracker

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang Eksotis

Minimal sekali dalam hidup, kamu harus ke sini

Di ujung barat Jawa, terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang sangat indah. Taman ini populer sebagai tempat perlindungan bagi Badak Jawa. Tapi, sebetulnya, banyak destinasi lain yang bisa kamu eksplorasi. 

Salah satu tempat yang paling populer adalah Pulau Panaitan yang berada di lepas pantai Ujung Kulon. Nah, di bawah ini, ada beberapa informasi yang perlu kamu tahu, sebelum berangkat ke sana.

Simak ulasan yang disarikan dari beberapa sumber di bawah ini. 

Baca Juga: Gak Hanya Anyer, 7 Pantai Di Pandeglang Ini Juga Punya View Wow!

1. Lokasi dan aturan ketat di Panaitan

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang Eksotisinstagram.com/pelangi_ujungkulon

Panaitan terletak beberapa kilometer di sebelah utara daratan Ujung Kulon. Secara administratif, pulau ini terletak di Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Seluruh Pulau Panaitan adalah kawasan lindung, artinya kamu harus mematuhi beberapa undang-undang konservasi yang ketat. 

Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan bahwa kamu tidak datang untuk membahayakan lingkungan sehingga kamu tidak akan menemui masalah di sini.

2. Ada dua pantai utama di Pulau Panaitan

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang Eksotis@yogaariwibawa via instagram.com/ujungkulon.info

Panaitan adalah pulau yang agak misterius yang menjadi bagian dari Ujung Kulon, kamu tidak bisa leluasa memasuki pulau ini seperti di tempat lain. Meskipun demikian, kamu tetap bisa bersenang-senang di Panaitan, terutama jika kamu adalah peselancar. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Pulau Panaitan.

Pulau Panaitan memiliki dua pantai utama. Dua pantai ini terletak di bagian utara dan selatan pulau. Masing-masing memiliki tempat menyelam yang sangat baik dan pemandangan yang indah. Pulau ini juga memiliki dermaga yang mana poin penting untuk docking. 

3. Kamu juga bisa memancing di sini

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang EksotisInstagram.com/donandantino

Saat berkunjung, kamu mungkin akan sering melihat beberapa perahu di daerah ini. Hal itu juga menjadi tanda bahwa lokasi ini merupakan lokasi yang sempurna untuk memancing. Pastikan untuk membawa peralatan pancing karena air dan ikannya sangat bagus. 

Saat bersantai dan menikmati cakrawala, kamu bahkan bisa melihat Pulau Peucang. Di tanah tersebut banyak terdapat pepohonan dan wisata alam lainnya.

4. Menjelajahi Pulau Panaitan

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang Eksotisselancar di sekitar Pulau Panaitan (ujungkulon.org)


Fitur terbaik dari pulau ini adalah pantai. Belum lagi juga hadir dengan berbagai jenis keindahan alam seperti pepohonan dan juga makhluk hidup lainnya. Lingkungannya pun bersih dan santai. Dengan semua fitur ini, pulau ini cocok untuk menghilangkan stres dan lebih dekat dengan alam.

Bahkan, kamu dapat menemukan banyak hewan lokal seperti macan tutul, monyet, dan rusa. kamu mungki perlu membawa kamera untuk mengabadikan gambar bagus di Pulau Panaitan.

Keistimewaan lain dari Pulau Panaitan adalah ombaknya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak peselancar datang ke pulau ini untuk pengalaman berselancar yang memuaskan. Bagaimanapun, ombaknya indah dan menantang. 

Tidak ada orang yang tinggal di Pulau Panaitan ini, sehingga memancarkan suasana yang tenang. Pasir yang ada di Pulau Panaitan ini masih sangat bersih dan halus, sangat nyaman sebagai tempat berjemur. Warnanya putih dan teksturnya lembut. Selain itu, anginnya cukup menenangkan.

 

5. Berkemah hingga snorkeling juga bisa

Liburan ke Pulau Panaitan, Destinasi Wisata Ujung Kulon yang EksotisIDN Times/Hendra Simanjuntak

Selanjutnya, ada hutan yang rindang. Biasanya, pengunjung datang ke lokasi ini untuk berkemah. kamu dapat menghubungi agen wisata untuk mendapatkan rekomendasi tempat berkemah terbaik.  Mereka dapat membantu kamu mempersiapkan dan mencapai lokasi dengan nyaman. 

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan di Pulau Panaitan adalah snorkeling. Bukan hanya daratan dan ombaknya, bahkan bawah lautnya pun dipenuhi kehidupan. Biota laut di pulau ini masih alami. Menjelajah jauh ke dalam perairan Panaitan akan menjadi pengalaman yang menarik. 

Namun, kamu harus ingat bahwa di beberapa tempat, arusnya bisa sangat kuat. Pastikan kamu memiliki pemandu dan peralatan yang baik jika ingin menyelam di sini. Namun, kamu harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Hal ini karena tidak ada fasilitas di pulau itu.

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Saat Beli Rumah di Pandeglang

Nah, itu beberapa informasi yang perlu kamu ketahui. Selain itu, tetap terapkan protokol kesehatan ya karena pandemik belum tuntas

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya