Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid Agung

Banten tuh kaya akan tujuan wisata alam loh

Banten dikenal, salah satunya, karena Taman Nasional Ujung Kulon. Tempat ini bahkan terkenal hingga ke luar negeri sebagai tempat habitat salah satu hewan langka dunia, yakni badak jawa (Rhinoceros sondaicus).

Sebetulnya, ada tempat lainnya yang juga menarik wisatawan. Di hari-hari libur, biasanya tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata. 

Ya, Banten memang kaya akan tujuan wisata alam yang sayang banget kamu lewatkan.  Apa saja tujuan wisata alam itu? Simak ya.

1. Pantai Anyer

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid AgungWarga menghabiskan libur Lebaran 2020 di pantai di Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan yang berlokasi di Serang, Banten.

Jika kamu berencana untuk menginap di kawasan Pantai Anyer, tidak perlu khawatir karena kamu akan dengan mudah menemukan beberapa penginapan murah dengan fasilitas yang memadai.

Baca Juga: 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, Juara 1 Cikolelet di Banten 

2. Arung Jeram Sungai Ciberang

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid AgungArung jeram di Sungai Ciberang (https://banten-rafting.com via Wikimedia.org)

Arung jeram yang berlokasi di sekitar wilayah Banten ini juga menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh pengunjung yang berasal dari luar Kota Banten. Di sekitar area arung jeram Sungai Ciberang ini terdapat sebuah danau yang airnya masih jernih dan asri serta dikelilingi pepohonan dan perbukitan yang hijau.

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus melewati jalan yang kurang nyaman yaitu jalur yang berkelok-kelok dan curam. Untuk menuju tempat arung jeram ini lebih baik ditempuh melalui kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

3. Masjid Agung Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid AgungMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1569. Masjid Agung Banten memiliki arsitektur yang masih kental dengan karakter masa lalu dan sangat etnik. Masjid Agung Banten memiliki gaya perpaduan budaya Hindu, Cina, Jawa, dan Eropa.

Baca Juga: Sosok Aria Wangsakara, Ulama dan Pendiri Tangerang 

4. Rawa Dano

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid AgungRawa Dano (https://ksmtour.com)

Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang yang dapat ditempuh kurang lebih 100 kilometer dari Jakarta. Rawa Dano ini merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang memiliki panorama alam yang menakjubkan dan sayang banget dilewatkan.

5. Danau Tasikardi

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid Agungksmtour.com ( Danau Tasikardi )

Danau ini terletak di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang. Danau Tasikardi ini terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Serang. Asal usul danau ini juga berasal dari bahasa sunda yang berarti “danau buatan”.

Danau yang memiliki luas kurang lebih 5 hektare ini ternyata memiliki lapisan dasar berupa genteng bata. Yang memungkinkan kamu dapat melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, berkemah, bermain perahu air, dan menikmati suasana segar yang disediakan di Danau Tasikardi. Selain itu, kamu juga bisa menyeberang dan mengunjungi pulau peninggalan sejarah Sultan Banten.

6. Pulau Sangiang

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid Agunginstagram.com/pulausangiangbanten

Pulau Sangiang tepatnya berloaksi di Selat Sunda, dan dapat ditempuh dengan perahu dari pantai Anyer. Waktu tempuh akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkunjung kesini adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. 

7. Pantai Sawarna Banten

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid AgungPantai Sawarna, Pantai di Tangerang (sawarna.net)

Pantai ini merupakan kawasan yang terletak di Bayah, Banten. Pantai Sawarna masih tergolong objek wisata baru dan belum banyak diminati pengunjung. Tempat yang populer karena media sosial ini terletak di daerah Bayah. Pantai ini biasa dijadikan tempat berselancar oleh wisatawan karena ombaknya yang tinggi.

8. Rumah Hutan Banten

Masih berada di sekitar wilayah Serang, tempat ini terletak di Dusun Bojong, Desa Cidampit, Kecamatan Taktakan, Serang. Sebenarnya tempat ini adalah rumah hutan yang dilengkapi dengan fasilitas rumah pohon.

9. Curug Leuwi Bumi

Salah satu tempat wisata yang dianggap sangat sejuk dan alami adalah Curug Bumi atau yang sering disebut Leuwi Bumi. Air terjun ini memiliki kolam air yang sangat jernih dan sangat menyegarkan. 

10. Taman Nasional Ujung Kulon

10 Tempat Wisata Populer di Banten, Ada Masjid Agungcommons.wikimedia.org

Nah, ini mungkin salah satu primadona wisata alam di Banten. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan alam yang memegang peran penting dalam pelestarian beberapa hewan langka di Tanah Air.

Selain itu, ada banyak daya tarik yang menarik para pengunjung untuk menginjakkan kaki di tempat ini. Termasuk beberapa hutan tropis di dataran rendah yang sangat indah dan menakjubkan.

Baca Juga: 5 Surga Tersembunyi di Pandeglang yang Wajib Kamu Kunjungi

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya