Comscore Tracker

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, Penginapan

Pulau Peucang menawarkan wisata alam yang gak ada dua

Jika kamu ingin wisata alam yang benar-benar jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Pulau Peucang bisa menjadi salah satu pilihan favorit. Betapa tidak, pulau ini benar-benar ada di ujung Pulau Jawa. 

Ada beberapa aktivitas alam yang bisa kamu dapatkan di Pulau Peucang ini. Selain itu, kamu pun bisa memilih penginapan sesuai budget, mulai dari penginapan murah meriah untuk backpacker hingga resort dengan view aduhai. 

Simak nih ulasannya, seperti dikutip dari berbagai sumber. 

Baca Juga: 5 Surga Tersembunyi di Pandeglang yang Wajib Kamu Kunjungi

Rute ke Pulau Peucang

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, Penginapanpulau peuncang ujung kulon (ujungkulon.org)

Dari Jakarta, kamu perlu kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam ke arah Pandeglang.  Pulau Peucang terletak di kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon. 

Setelah tiba di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa kapal kayu milik penduduk setempat. Perjalanan laut ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. 

Untuk masuk ke Pulau Peucang, kamu cukup membayar Rp5.000 saja pada weekday dan Rp7.500 pada weekend. Namun, wisatawan internasional dikenakan tariff Rp150.000 pada saat weekday dan Rp225.000 pada saat weekend.

2. Pilih penginapanmu

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanInstagram/nikkipeucang

Beberapa pilihan penginapan mungkin dapat kamu temukan di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon. Namun jika kamu ingin merasakan menginap di dalam taman nasional ini khususnya Pulau Peucang, kamu dapat mencoba Villa Batik NIKKI Peucang Resort.

NIKKI Peucang Resort menyediakan hunian yang sangat khas dan berbeda dari penginapan lainnya yaitu dengan menggunakan bahan – bahan alam seperti bambu, alang – alang, batu alam, dan kayu. Meskipun dari luar terlihat sangat sederhana, di dalam kamar  sangat lah nyaman. 

Meskipun mengusung konsep menyatu dengan alam, NIKKI Peucang Resort tetap menyediakan toilet yang sangat nyaman dan tentunya masih bertemakan alam. Uniknya, saat keluar kamar kamu dapat langsung memandang laut lepas yang sangat indah.

Untuk menginap di resort ini, kamu perlu menyiapkan setidaknya Rp1.600.000 per malam untuk 2 orang dewasa.

Di sisi lain, kamu juga bisa menginap di penginapan murah, tak jauh dari resort. Di sini, kamu bisa mendapatkan harga sewa relatif murah. 

3. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pulau Peucang

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanCth:KSMTour.com

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Peucang adalah mengunjungi Cidaon. Ini adalah jenis Savannah yang luas yang merupakan rumah bagi banteng dan badak bercula satu.

Kamu dapat melihat mereka melakukan rutinitas sambil memotret mereka. Tidak hanya melihat sisi satwa liar Cidaon, kamu juga bisa mengunjungi situs peninggalan sejarah dari zaman penjajahan Belanda. Mercusuar yang ikonik menanti kamu. 

4. Trekking jalan melalui hutan? Bisa

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanPulau Peucang (instagram.com/ujungkulon_adventure)

Trekking di Pulau Peucang adalah salah satu aktivitas yang bisa membangunkan sisi petualang kamu. Sepanjang perjalanan kamu di hutan, kamu akan menemukan beberapa spesies hewan liar, seperti rusa, monyet, babi hutan, dan beberapa lainnya.

Tenang, trekking ini tidak menguras banyak tenaga kok karena kontur tanah selama trekking relatif datar. Meski demikian, kamu perlu membawa perbekalan dan air minum ya. 

5. Menunggu matahari terbit di Karang Copong

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanIlustrasi sunrise (IDN Times/Vanny El Rahman)

Karang Copong adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika datang ke Pulau Peucang. Ini menawarkan kamu pemandangan indah matahari terbit memesona yang akan membuat kamu kagum dan larut akan keindahan.

6. Seru dan deg-degan ketemu hewan liar

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanPulau Peucang (instagram.com/travelholic_nat)

Salah satu keunikan lain Pulau Peucang adalah beberapa hewan liar kerap datang ke penginapan atau sekitarnya. Tapi tenang, mereka gak bahaya kok selama kamu gak mengganggu mereka.  Hewan itu seperti monyet,  babi hutan, rusa, kambing.

Namun, kamu perlu waspada saat menginap di Peucang. Pastikan, kamu menutup pintu penginapan rapat-rapat, agar tidak dimasuki hewan liar yang tengah mencari makan tersebut. 

7. Tak hanya hutan, kamu juga bisa mantai nih

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, Penginapaninstagram.com/maukemanasi

Kamu tidak bisa tidak jatuh cinta dengan pantai di Pulau Peucang. Perairan jernih pantai ini benar – benar akan membuat kamu merindukan tempat ini selalu. Kamu dapat berjalan-jalan dan bermain-main dengan pasir putih yang bersih.

Baca Juga: Gak Hanya Anyer, 7 Pantai Di Pandeglang Ini Juga Punya View Wow!

8. Snorkeling sekitar Peucang juga oke banget loh

Yuk ke Pulau Peucang! Nih Info Harga Tiket, Rute, PenginapanPulau Peucang (ujungkulon.org)

Dikutip dari laman nikkipeucang.com, ada 4 lokasi di sekitar Pulau Peucang yang memiliki taman karang yang cantik dan sehat.  Pertama adalah Pantai di depan Villa Batik, kedua lokasi yang bernama Ciapus, ketiga Citerjun, dan keempat Sumino.

Jangan lupa, kamu perlu membawa peralatan kamu ya.  Enjoy your trip!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya