Comscore Tracker

Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada Lebak, Cek Rutenya

Kata "Kanada" ternyata merupakan singkatan loh. Penasaran?

Pernahkan kamu mendengar nama tujuan wisata Gua Maria Bukit Kanada? Wisata religi bagi umat Katolik ini berada di Lebak, Banten loh. 

Ya, Gua Maria Bukit Kanada yang berada di Rangkasbitung dan ini menjadi salah satu tempat ziarah bagi umat Katolik. Selain menghadirkan pemandangan yang indah, suasana di gua Maria sangat damai, teduh dan sejuk. Lokasinya yang berada di pinggir timur Kota Rangkasbitung terbilang jauh dari suasana bising dan ramai sehingga terasa tenang dan hening.

Ada beberapa hal menarik yang bisa diketahui dari keunikan Gua Maria Bukit Kanada ini. Lebih jelasnya simak bahasan berikut ini.

Baca Juga: 10 Hotel Murah di Cilegon, Aksesnya Mudah

1. Ada arti di balik kata "Kanada"

Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada Lebak, Cek RutenyaGua Maria Kanada Lebak (Instagram/kahluavencha)

Istilah kata "Kanada" sendiri adalah sebuah singkatan dari Kampung Narimbang Dalam. Ini adalah wilayah administratif di mana Gua Maria ini dibangun tahun 1988. Gua Maria ini dibangun oleh umat Paroki Rangkasbitung dengan bantuan dari pimpinan Kongregasi Suster-suster Fransiscan Sukabumi di Rangkasbitung.

Pada tanggal 1 Mei 1988 Pastor Paroki yang meletakkan batu pertama sebagai tahap awal pembangunan Gua Maria ini. Pembangunan Gua Maria selesai pada tanggal 15 Agustus 1988, di saat Hari Raya Maria diangkat ke Surga, atau bertepatan dengan penutupan Tahun Maria. 

Dan Gua Maria ini diberkati oleh Mgr. Ign. Harsono, Pr. Gua ini menjadi sebuah tempat ziarah pertama di Banten. Dan juga menjadi satu dengan Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana Rangkasbitung.

2. Cara Menuju Gua Maria Bukit Kanada, mudah diakses dari Jakarta loh

Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada Lebak, Cek RutenyaPeta Banten (Google maps)

Untuk yang akan berkunjung ke Gua Maria ini, maka pilihannya bisa dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti kereta atau jasa mobil online.

Lokasi Gua Maria cukup mudah dijangkau, bahkan bagi kamu yang berangkat dari Kota Jakarta sekalipuun. 

Dengan transportasi umum dapat dijangkau dengan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Rangkasbitung dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dan disambung naik angkot dari depan Stasiun Rangkasbitung. Jika lalu lintas lancar, kamu bisa mencapai lokasi dalam 30 menit. 

Atau bisa juga menyewa angkot dari stasiun menuju lokasi jika berkunjung bersama rombongan kecil. Setelah sampai di lokasi, maka akan bisa langsung berjalan menuju ke arah Gua Maria. Dan berjalan menuju ke Gua Maria ini begitu jauh dari jalan raya dan dari lokasi parkiran, dimana jalannya sudah tertata rapi.

3. Apa saja yang bisa kamu lakukan di Gua Maria?

Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada Lebak, Cek RutenyaGua Maria Kanada Lebak (Instagram/rendyksenduk)

Ada banyak hal menarik yang bisa didapatkan jika berkunjung ke gua Maria ini, antara lain:

- Pengunjung bisa berkunjung sekaligus juga berdoa di gua Maria.
- Pengunjung bisa menikmati suasana yang sejuk, hening selama berada di tempat ini.
- Udara yang sejuk juga jauh dari hingar bingar keramaian membuat suasana hati menjadi tenang juga rileks.
- Pengunjung bisa bersilaturahmi dengan para jemaat lain juga bertukar informasi lain.
- Fasilitas yang disediakan di gua Maria ini terbilang lengkap dan tertata rapi juga bersih.
- Bangunan gua dan bangunan yang di sekelilingnya terlihat menarik dan mempesona.

Ya, tempat wisata religi ini, umat Katolik bisa berdoa dan beribadah dengan khusyuk juga tenang. 

Selain itu juga jemaat akan dibantu para pastor dan para suster yang siap memberikan banyak nasihat serta pencerahan. Sehingga setelah selesai berkunjung para jamaat memiliki spirit baru dalam menjalankan ketaatan kepada Tuhan dan sesamanya. 

Gua Maria Bukit Kanada dikenal sebagai salah satu tempat ziarah religi yang besar di Banten. Dan menjadi salah satu tempat tertua untuk pusat beribadah umat katolik di seluruh daerah.

Jadi, untuk yang ingin mengunjungi gua Maria Bukit Kanada bisa mencobanya entah bersama keluarga, rombongan dan juga pribadi tentu saja bisa. Karena tempat ini terbuka untuk siapa saja yang ingin beribadah.

4. Keunikan bangunan di Gua Maria Kanada

Gua Marianya terbilang unik karena dihiasi ornamen batu karang indah. Keunikan lain adalah ada pintu kecil di samping Gua Maria yang bisa menuju ruang kecil untuk berdoa secara pribadi. Dan dari ruang tersebut patung Maria akan terlihat dari samping melalui lubang di tembok. 

Dan posisi gereja ada di sebelah Gua Maria. Gereja ini cukup sederhana, beratap daun rumbia juga memiliki dinding di satu sisi di belakang altar. Dan ini hanya selebar altar, selebihnya terdiri dari batu kali penahan tanah di belakang gereja yang menjadi dindingnya. Dan para umat bisa mengikuti misa dengan duduk di lantai.

Ada pelataran di depan gua Maria yang cukup besar, dimana pelataran di sampingnya bisa dipakai untuk berbagai upacara gereja. Di pelataran luar ada beberapa tempat istirahat bentuknya saung-saung kecil yang nyaman untuk bersantai dan berteduh. 

Lokasi jalan Salib ini ada di jalan samping Gedung Akper, dan jalan salibnya memutar ke arah komplek Akper. Sehingga kamu akan berjalan sedikit memutar untuk menuju lokasi jalan salib.

5. Lokasi ini dikelilingi hutan kecil yang luas

Wisata Religi Gua Maria Bukit Kanada Lebak, Cek RutenyaGua Maria Kanada Lebak (Instagram/kahluavencha)

Lokasi di gua Maria banyak ditumbuhi pohon rindang dan dikelilingi hutan kecil yang luas. Dengan jalan tanah yang lumayan panjang dengan perhentian jalan Salib yang lapang. 

Sehingga siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan terasa teduh, hening, damai dan juga indah. Karena itulah gua Maria ini sangat cocok untuk wisata religi dan juga wisata bangunannya.

Baca Juga: Wisata Negeri di Atas Awan Banten dari  Rute, Harga, Hingga Tips

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya