Comscore Tracker

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas Penat

Mayoritas pulau ini tak berpenghuni, lho!

Tangerang, IDN Times - Wilayah Provinsi Banten dikenal garis pantainya panjang. Hal tersebut pula membuat provinsi memiliki 8 kabupaten/kota ini ada pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tak seperti Kepulauan Seribu, pulau-pulau di Banten ini belum banyak diketahui wisatawan. 

Terdapat pula pulau belum memiliki akses listrik maupun jaringan provider telepon seluler. Hal ini pastinya membuat kamu sudah 'mumet' dengan wilayah perkotaan bisa healing tanpa diganggu chat dari kantor.

Berikut, daftar pulau-pulau indah di Provinsi Banten ala IDN Times.

1. Pulau Umang

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas PenatPulau Umang (instagram.com/umangbeachclub)

Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Seperti namanya, di pulau ini bakal ditemukan banyak umang atau kelomang. Bahkan, konon dulu kelomang merupakan hewan endemik di pulau ini.

Pengunjung di pulau ini tak bakal kesulitan menemukan berbagai fasilitas, seperti penginapan, banana boat, jetski, snorkeling, dan lain sebagainya. Pasalnya, sejak 2004 telah dibangun resort di tengah pulau ini.

Satu hal menarik dari pulau ini, yakni pengunjung bisa melihat keindahan matahari terbenam. Untuk bisa mencapai pulau ini, kamu harus menuju dermaga di Desa Sumur, lalu naik speed boat untuk bisa sampai di pulau ini.

2. Pulau Peucang

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas PenatInstagram.com/mardiansyah_boss

Pulau Peucang merupakan salah satu pulau ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih lengkap dengan air lautnya yang biru. 

Pulau ini juga tidak berpenghuni, hal itu menyebabkan keasrian dari pulau ini dijamin terjaga. Minusnya, lantaran tak ada rumah penduduk, tak ada aliran listrik di pulau ini, bahkan jaringan dari telepon seluler pun jarang ada.

Di sini, kamu bisa menikmati Amazon mini, di mana terdapat aktivitas snorkeling dan canoeing. Di pulau ini, juga kamu bisa lho menikmati Sabana ala Afrika, terdapat banteng liar tengah merumput, tapi jangan sampai gaduh ya demi keselamatanmu.

3. Pulau Sangiang

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas Penatinstagram.com/pulausangiangbanten

Pulau Sangiang berlokasi di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Untuk sampai ke tempat ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum jika berangkat dari Jakarta selanjutnya tiba di pelabuhan dan berganti kendaraan.

Pulau Sangiang mempunyai banyak keunggulan sehingga layak untuk dijadikan destinasi wisata utama. Beberapa di antaranya adalah alamnya masih lestari dan terjaga sangat baik. Hal tersebut dapat terlihat dari rimbun vegetasi hutan berada di pulau ini.

Kondisi tersebut menjadikannya dijuluki sebagai The Seven Wonders of Banten. Selain itu, tempat ini juga unggul dalam pemandangan pantai undahnya disempurnakan dengan pasir putih menawan. 

4. Pulau Badul

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas PenatPulau Badul, Banten (instagram.com/fajjar.sidik)

Pulau Badul terletak di Desa Sumur, Pandeglang, Banten. Pulau ini merupakan tempat wisata harus kamu kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. 

Dari kejauhan, pulau ini hanya terlihat seperti gundukan pasir di tengah laut begitu gersang, hanya semak belukar tumbuh di tengah pulau. Perahu tidak bisa bersandar hingga ke tepi pulau, sehingga memaksa para traveler harus berenang sejauh 25 meter jika mau menapakkan kaki di pulau ini. Pun begitu, kalian akan puas menikmati keindahan panorama dari Pulau Badul.

Pulaunya punya hamparan pasir putih dan tidak ada penghuninya, serasa milik pribadi. Pulau ini indah dengan hamparan pasir halus dan karangnya yang putih. 

Selain itu, pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi karena areanya tidak terlalu luas. Sehingga kita akan dengan mudah untuk berjalan kaki memutari pulau ini.

Warna toska di laut sekitar pulau ini sangat menggoda, namun tidak banyak karang dan ikan yang ditemui di sini. Ketika sampai di tepi pantai, kaki akan disambut dengan serpihan karang. Sedikit melangkah ke pulau ini, pasti betah berlama-lama di sini.

Mulai dari duduk menikmati ombak, berjemur, sampai berlarian di tepi pantai kami lakukan di sini, serasa pulau ini milik pribadi. Asik, ya.

5. Pulau Tunda

Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas PenatPotret Pulau Tunda, Banten (www.instagram.com/explore_serang)

Pulau Tunda terletak di Serang, Banten. Jika dilihat dari udara, Pulau Tunda berbentuk memanjang dengan luas sekitar 300 hektare. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil berpenghuni dengan beberapa objek wisata sayang untuk dilupakan. 

Berlibur di pulau Tunda, bisa kamu gunakan memanfaatkan kegiatan berlayar sambil melihat pemandangan laut serta aktifitas lumba-lumba. Kamu juga bisa memanfaatkan wisata memancing disekitar pantai atau berenang serta menyelam sambil mengamati aktifitas biota laut seperti terumbu karang dan ikan yang cantik. 

Jangan lupa untuk mencoba wahana snorkelling yang menantang yang dapat dilakukan di bagian barat pulau Tunda atau spot snorkelling villa, cemara dan mercusuar. Bila kamu melakukan diving atau menyelam yang menarik, bisa dilakukan kapanpun. Begitupun dengan memancing, kamu bisa memilih lokasi nyaman untuk memancing seperti di sekitar dermaga atau sekitar tempat menyelam.

Memasuki senja hari, kamu akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang indah di dermaga pantai seputih. Di dermaga dijuluki ‘Dermaga Gaulau’ inilah, kamu bisa menikmati hembusan angin pantai mengoda dan panorama laut biru dengan ombak yang cantik, dapat membantu menenangkan pikiran anda serta melupakan setiap masalah yang anda hadapi.

Nah, itu dia daftar pulau indah di Banten yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, ya!

Baca Juga: Daftar Pantai Instagramable di Banten, Cocok untuk Healing

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya