Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Kamu

Cocok banget yang ingin melepas stres nih

Cilegon yang dikenal sebagai kota industri, sebetulnya memiliki tempat-tempat wisata yang bisa kamu jadikan tempat melepas penat loh. 

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan dan menyukai alam, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa memilih naik gunung, menyusuri pulau, hingga bermain di pantai. 

Berikut rekomendasi tempat wisata di Cilegon yang bisa kamu kunjungi untuk refreshing.

1. Pulau Merak Besar

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Kamuinstagram.com/indahknissa

Pertama ada Pulau Merak Besar. Berlokasi di Tamansari, Pulomerak, Cilegon ini merupakan termasuk ke pulau hutang lindung. Dengan luas pulau sebesar 40 hektare (ha), pulau ini sangat cocok untuk bersantai menghabiskan waktu liburan.

Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu cukup membayar Rp20.000 untuk jasa penyeberangan menuju Pulau Merak Besar. Disini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih juga serta terumbu karang yang tidak kalah cantiknya.

2. Pulau Merak Kecil

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuPulau Merak Kecil (piknikasik.com)

Selain Pulau Merak Besar, juga ada Pulau Merak Kecil. Sesuai namanya, pulau ini terletak di Merak kecil, Mekarsari, Pulomerak, Cilegon.

Pulau ini menawarkan keindahan koral yang sangat indah. Untuk sampai ke pulau ini, kamu cukup menyewa kapal seharga Rp10.000 sampai Rp15.000 saja. Pulau ini juga punya penting sebagai penghalau ombak menuju Pelabuhan Merak. Oleh karena itu, wisatawan yang datang diharap bisa membantu menjaga kelestarian pulau ini.

3. Pantai Anyer

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuPantai Pasir Putih Florida Anyer, Pantai di Tangerang (pantainesia.com)

Selanjutnya pasti sudah gak asing buat orang-orang. Selanjutnya ada Pantai Anyer yang terletak di Jalan Anyer, Sindanglaya, Cilegon. Pantai ini termasuk pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, karena bisa menikmati pemandangan alam yang indah. 

Oleh karena itu, di tengah pandemik ini, kamu perlu ekstra menerapkan protokol kesehatan ya jika berkunjung ke pantai ini.

Di sini, ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai, seperti banana boat, snorkeling, dan lain-lain. Untuk tiket masuknya sendiri, jika kamu menggunakan motor seharga Rp 20.000 dan untuk mobil seharga Rp150.000

4. Gunung Batur

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Kamuindonesia.travel

Gunung Batur jadi tempat wisata di Cilegon yang cocok untuk kamu yang suka naik hiking dan camping.

Selain itu, di sini kamu juga bisa naik gantole, loh. Selain itu juga bisa mempelajari flora dan fauna yang ada di sana.  Lokasinya pun tidak terlalu jauh, hanya berjarak 8 kilometer dari pusat Kota Cilegon. Lokasinya ada di Gunung Batu, Desa Mekarsari, Pulomerak, Cilegon.

5. Pantai Kelapa Tujuh

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing Kamupantai kelapa tujuh (indozone.com)

Tempat wisata selanjutnya berlokasi di sebelah utara Pelabuhan Merak. Pantai Kelapa Tujuh ini terletak di Desa Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Cilegon.

Dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat pantai ini aman untuk kamu yang ingin berenang ditemani dengan pemandangan alam yang indah dan bisa melihat kapal-kapal besar melintas.

6. Gunung Batu Lawang

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuGunung Batu Lawang (liputan6.com)

Tempat wisata ini terletak di Jalan Batu lawang, Desa Gerem, Grogol. Keunikan, kamu dapat melihat topografi pegunungan granit yang berjajar lalu membentuk pintu gerbang. Inilah alasan penamaan Gunung Batu Lawang.

Dari puncak gunung, kamu akan dapat melihat hamparan pasir putih serta laut berwarna biru kehijauan yang memanjakan mata. Namun untuk sampai puncak gunung, kamu perlu melakukan hiking cukup terjal terlebih dahulu, tapi akar terbayang dengan pemandangan di puncak gunung.

Baca Juga: Pecinta Kuliner Wajib Coba 9 Tempat Makan di Tangerang Raya Ini

7. Cagar Alam Gunung Tukung Gede

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuCagar Alam Gunung Tukung Gede (ihategreenjello.com)

Tempat wisata selanjutnya adalah Cagar Alam Gunung Tukung Gede. Cagar alam ini memiliki dua sungai besar yang bermuara ke Pantai Anyer, yaitu Sungai Cikoneng dan Digandik.

Di sini kamu bisa melakukan hiking, belajar tentang ragam hayati yang ada. Cagar Alam Gunung Tukung Gede sendiri berlokasi di Gunung Tukung, Desa Sindang Mandi, Anyar, Cilegon atau sekitar 1 jam dari pusat Kota Cilegon.

8. Batu Gambir

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuBatu Gambir (ihategreenjello.com)

Selanjutnya ada Batu Gambir yang terletak di Tamansari, Pulomerak, Cilegon. Salah satu tempat wisata di Cilegon ini memiliki pemandangan yang indah berpadu dengan suasana yang sejuk karena masih banyak pepohonan di sekitarnya.

Batu Gambir sendiri masih bisa terus dikelola agar lebih menarik minat wisatawan.

Baca Juga: 10 Hotel Murah di Cilegon, Aksesnya Mudah

9. Bukit Teletubbies

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuBukiy Teletubbies serang (ihategreenjello.com)

Bukit Teletubbies di Cilegon berlokasi di kawasan Suralaya, Pulomerak, Cilegon. Bukit yang bernama asli Bukit Kembang Kuning ini sudah cukupk banyak dikunjungi oleh wisatawan, sebelum pandemik COVID-19.

Karena itu banyak disebut menjadi Bukit Teletubbies oleh wisatawan, akhirnya tempat wisata ini pun terkenal dengan nama serial anak-anak itu. Bukit ini sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajah saat berwisata.

10. Waduk Krakatau Steel

10 Tempat Wisata Alam di Cilegon, Cocok Jadi Tempat Refreshing KamuWaduk Krakatau Steel (krakatautirta.co.id)

Terakhir ada Waduk Krakatau Steel, Citangkil, Cilegon. Waduk yang dibuat oleh PT Krakatau Steel ini memiliki pemandangan yang indah, serta sebagai pusat pengumpulan air lalu dialirkan ke rawa serta danau lainnya. Kamu bisa bersantai dipinggir waduk sembari menikmati keindahan yang tersaji dari alam sekitar waduk ini.

Berikut adalah tempat wisata di Cilegon yang dapat kamu kunjungi untuk melepas penat. Namun dalam kondisi seperti ini, baiknya tunggu terlebih dahulu hingga program PPKM ini selesai, dan tetap patuhi protoko kesehatan.

 

Penulis: Agung Pratama Satria

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya