Comscore Tracker

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!

Pemandangan eksotis khas Banten jadi bonus nih

Tangerang, IDN Times - Kamu sedang bingung hendak menghabiskan liburan ke mana? Anyer bisa menjadi salah satu pilihan nih.

Anyer merupakan salah satu objek wisata pantai favorit warga Banten dan Jabodetabek. Tak heran, tujuan wisata ini selalu ramai di musim liburan.

Anyer merupakan pilihan paling pas terutama buat kamu yang ingin santai di pantai, baik sendiri maupun bareng keluarga dan teman terdekat.

Biasanya, pengunjung ke kawasan Anyer berbondong-bondong menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Alhasil, saat musim liburan, wilayah Pantai Anyer identik dengan kemacetan.

Buat yang ingin ke Pantai Anyer, tapi tidak ingin terjebak macet, solusi terbaiknya adalah menggunakan moda transportasi kereta api. Selain bisa memangkas waktu perjalanan, banyak hal baru yang di dapat di perjalanan.

Nah, berikut IDN Times merangkum tips perjalanan santai ke Pantai Anyer menggunakan kereta api:

Baca Juga: 5 Tips Penting yang Harus Diketahui sebelum Pergi ke Pantai Anyer

1. Awali perjalanan seru kamu dari Tanah Abang dengan naik Commuter Line menuju Rangkasbitung

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!Stasiun kereta Api Kertapati Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sudah hampir 4 tahun kereta Commuter Line atau dulu biasa disebut KRL melayani rute Tanah Abang-Rangkasbitung. Jarak tempuh rute ini adalah 2 jam sekali perjalanan. Baik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung atau sebaliknya.

Nah, dari Tanah Abang lah perjalanan kereta ke Anyer menggunakan kereta dimulai. Kamu yang dari sekitar Jabodetabek bisa transit ke Tanah Abang dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Rangkasbitung menggunakan Commuter Line.

Biayanya gak mahal kok, cuma Rp6.000 dengan bonus pemandangan persawahan desa saat KRL melintasi jalur Tangerang dan duduk leluasa karena penumpang arah Rangkasbitung tidak terlalu banyak.

2. Transit di stasiun Rangkasbitung

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!IDN Times/Muhamad Iqbal

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kamu akan tiba di stasiun terakhir Commuter Line, yaitu Rangkasbitung. Kamu bisa cari-cari makan dulu di sekitar stasiun, tapi jangan lupa untuk membeli tiket kereta api (KA) lokal Rangkasbitung-Merak terlebih dahulu.

Kamu bisa dapatkan banyak hal baru jika main-main di luar Stasiun Rangkasbitung, atau paling tidak kamu bisa membeli beberapa kebutuhan di pasar tradisional Rangkasbitung yang berada persis di depan stasiun.

3. Tiket KA arah Anyer hanya Rp3.000 dengan 6 kali perjalanan dalam sehari

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!IDN Times/Muhamad Iqbal

Setelah membeli tiket KA lokal arah Merak yang harganya murah meriah, yaitu Rp3.000, ingat baik-baik jadwal KA tercepat yang bakal datang terlebih dahulu.

Karena KA lokal tujuan Merak hanya beroperasi 6 kali dalam sehari yaitu: pukul 03.50, 07.45, 09.45, 12.45, 14.35 dan terakhir pukul 20.00 WIB. 

4. Nikmati fasilitas KA, charger gadget salah satunya

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!IDN Times/Muhamad Iqbal

Setelah KA lokal yang ditunggu datang, segera cari tempat duduk yang dianggap nyaman. Fasilitas KA lokal terbilang cukup nyaman dengan pendingin ruangan dan colokan listrik di setiap kursi. Kamu bisa istirahat sambil charge gadget kamu.

5. Istirahatkan smartphone, nikmati pemandangan sepanjang jalan

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!IDN Times/Muhamad Iqbal

Suasana KA yang nyaman jangan membuat kamu asyik main gadget yah! Simpan gadget kamu karena akan percuma, sebab di beberapa tempat sepanjang perjalanan kamu akan kehilangan sinyal.

Jadi nikmati perjalanan dengan pemandangan hamparan sawah dan sungai atau ngarai sepanjang perjalanan tersebut. Kalau beruntung, kamu dapat melihat warga Banten dengan ciri khas mereka beraktivitas di kebun atau sawah mereka.

6. Turun di Stasiun Krenceng lanjut naik angkot arah kawasan Pantai Anyer

Ingin Bebas Macet ke Pantai Anyer? Naik Kereta Api Aja!IDN Times/Muhamad Iqbal

Kamu akan menempuh 1 jam perjalanan dari Rangkasbitung menuju Stasiun Krenceng. Sebanyak 8 stasiun akan kamu lewati sebelum harus turun di Stasiun Krenceng. Stasiun Krenceng merupakan stasiun terakhir sebelum stasiun ujung yaitu Stasiun Merak.

Pastikan tidak ada yang tertinggal di kereta. Setelah keluar area stasiun, hal pertama yang kamu temukan adalah jejeran angkot yang siap mengantar sampai tujuan. Naik angkot arah Anyer, dalam waktu 10 menit perjalanan, kamu akan melihat pantai dan laut sejauh mata memandang.

Oh iya, sebelum naik angkot, pastikan dahulu lokasi pantai yang akan kamu kunjungi. Sebagai estimasi saja, tarif dari Stasiun Krenceng ke Hotel Marbela, Anyer sebesar Rp10.000.

Selamat mencoba dan selamat berlibur guys!

Baca Juga: Awas Ngiler! 10 Makanan Khas Banten yang Wajib Kamu Coba

Topic:

  • Muhammad Iqbal
  • Sunariyah
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya