TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi Satu Rampung Mei 2021

Tol ditargetkan beroperasi mulai Agustus 2021

Dok. PT Wika

Serang, IDN Times - Proyek pembangunan konstruksi Tol Serang-Panimbang (Serpan) seksi I sudah mencapai 72 persen. Pembangunan kontruksi proyek strategis nasional (PSN) ini ditargetkan rampung pada bulan Mei 2021.

Jalan Tol Serpan rencananya bakal menghubungkan Serang dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung. Mulai dibangun Februari 2017, jalan tol ini melintasi satu kota dan tiga kabupaten di Provinsi Banten yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

1. Tol ditargetkan beroperasi pada Agustus 2021

IDN Times/Khaerul Anwar

Manager Bidang Human Capital dan Umum, PT Wika Serang Panimbang, Bambang Yogaswara mengatakan, proyek pengerjaan Tol Serpan seksi satu Serang-Rangkasbitung mulai beroperasi pada bulan Agustus 2021. Tol seksi satu itu sepanjang 26,5 kilometer.

"Seksi satu, Mei selesai. Uji coba operasional dua bulan dan sudah bisa dioperasikan Agustus 2021, sudah bisa digunakan masyarakat," kata Bambang saat dikonfirmasi, Rabu (1/7).

2. Total Tol Serpan sepanjang 83,7 kilometer

Dokumentasi warga/Anita

Bambang menjelaskan, total Tol Serpan sepanjang 83,7 kilometer terbagi dalam tiga seksi, yakni Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer, Rangkasbitung-Cileles sepanjang 23,7 kilometer dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Dalam pembangunan proyek tol ini, PT Wika Serang Panimbang kebagian mengerjakan ruas seksi satu dan dua sepanjang kurang lebih 50 kilometer mulai dari KM 0 Serang hingga Cileles, sementara seksi tiga sepanjang 30 kilometer hingga Panimbang, dikerjakan oleh pemerintah.

"Seksi dua dan tiga pengerjaanya direncanakan dimulai bulan September tahun ini. Pekerjaan kontruksi memakan waktu 24 bulan atau 2 tahun selesai diperkirakan september 2022. Pekerjaan kontruksi berjalan berbarengan antara seksi dua dan tiga," katanya.

Baca Juga: Sulit Cari Siswa, Sekolah SMA/SMK Favorit di Kota Serang Ini Tutup  

Berita Terkini Lainnya