Comscore Tracker

Tingkatkan PAD, Pemkab Serang Optimalkan Aset Pariwisata

Pemkab berharap bisa meningkatkan pendapatan

Serang, IDN Times - Aset-aset pariwisata tengah menjadi salah satu fokus optimalisasi Pemerintah Kabupaten Serang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD. Hal itu diungkapkan Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang Ida Nuraida.

“Aset-aset yang pasti punya pemda ini menjadi penghasil (PAD), termasuk sektor atau tempat objek wisata, tanah yang dipakai untuk pariwisata, dan lainnya,” sebut Ida, seperti dikutip dari Antara, Jumat (23/9/2022). 

1. Sejumlah aset pariwisata masih perlu "dirapikan"

Tingkatkan PAD, Pemkab Serang Optimalkan Aset Pariwisatapixabay/Brett Hondow

Ida menilai, aset sektor pariwisata memiliki potensi yang sangat besar, maka perlu adanya pengoptimalan serta inovasi yang dilakukan Pemkab Serang. Oleh karena itu pihaknya dalam waktu dekat akan merapikan kembali aset-aset tersebut, termasuk dalam urusan  perizinan dan lain sebagainya. 

“Sekarang kan belum optimal dan untuk ke depan perjanjian itu akan ditinjau ulang, seperti Tasikardi (Kecamatan Kramatwatu), ada juga Batukuwung (Kecamatan Padarincang), dan banyak lainnya,” tulisnya. 

2. Optimalisasi potensi aset pariwisata akan libatkan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata

Tingkatkan PAD, Pemkab Serang Optimalkan Aset PariwisataWisatawan yang sedang menikmati sunset di pantai. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Ida juga mengungkap, pihaknya akan membahas soal pengoptimalan potensi aset pariwisata ini dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Apalagi, kata dia, bjek pariwisata di Kabupaten Serang saat ini mulai menggeliat kembali pasca-pandemik COVID-19. 

Dengan pengoptimalan tersebut, lanjut Ida, pihaknya akan menghitung aset objek wisata, berapa taksiran pendapatan dan penghasilan dari pengelola yang bisa masuk ke Pemda Kabupaten Serang dengan menggunakan Kantor Jasa Penilai Publik atau KJPP agar netral dalam penghitungannya.

“Aset pemda banyak yang dilakukan usaha tapi dengan perjanjian, tidak ada yang nyelonong dan rapi,” sebut Ida. 

3. Pemkab Serang yakin aset pariwisata bisa menambah pendapatan secara signifikan

Tingkatkan PAD, Pemkab Serang Optimalkan Aset Pariwisatailustrasi uang Rupiah (IDN Times/Shemi)

Seiring berjalan waktu, kata Ida, penyesuaian tarif seharusnya ada untuk memaksimalkan pendapatan daerah. Dia yakin, dengan penyesuaian tarif, Pemkab Serang bisa mendapatkan pendapatan yang signifikan dan menambah APBD. 

 “Dari kerja sama itu, mungkin ada yang 30 tahun lalu tentu saja harus ada penyesuaian tarif," kata dia. 

Baca Juga: Pemkab Serang Nunggak Retribusi Sampah ke Pemkot Serang Rp1,5 Miliar

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya