Comscore Tracker

Pemkab Lebak Manfaatkan Proyek Strategis Nasional Kembangkan Wisata 

Jalur KA Rangkabistung-Labuan-Bayah akan diaktivasi nih

Lebak, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lebak akan memanfaatkan proyek strategis nasional yang ada di wilayahnya untuk mempercepat pengembangan potensi-potensi wisata yang ada dan akan dikembangkan. Salah satu proyek tersebut adalah reaktivasi jalur kereta api, Rangkasbitung-Labuan dan Saketi-Bayah.

Hal tersebut diungkap Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya dalam live Instagram bertajuk #SalamRamadan Cerita Indonesia bersama Pimpinan Redaksi IDN Times, Zulfiani Lubis.

Baca Juga: Dapat Restu ESDM, Lebak Segera Miliki Ekowisata Geopark Bayah Dome

1. Tol Serang-Panimbang lewati 38 kilometer wilayah Lebak

Pemkab Lebak Manfaatkan Proyek Strategis Nasional Kembangkan Wisata Pembangunan Tol Serang-Panimbang (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Iti memaparkan, proyek tersebut diantaranya, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Dimana 38 kilometernya melalui wilayah Kabupaten Lebak.

"Dan ini menjadi aksebilitas yang memudahkan wisatawan, baik angkutan wisatawan angkutan barang dan juga yang lainnya," kata Iti, Selasa (27/4/2021).

2. Reaktivasi jalur kereta api juga masuk proyek strategis nasional

Pemkab Lebak Manfaatkan Proyek Strategis Nasional Kembangkan Wisata Sebuah jembatan kereta yang berada di pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia ini merupakan peninggalan jalur nonaktif Saketi-Bayah (Dok. Pribadi/Yusril Rizky Pratama)

Kemudian, lanjut Iti, reaktivasi kereta api. Kereta listrik saat hanya dari Tanah Abang sampai ke Rangkasbitung. Iti menyebut, sekarang elektrifikasi akan dilanjutkan menjadi Rangkasbitung-Serang.

"Reaktivasi juga dilakukan, yakni dari Rangkasbitung-Labuan dan Labuan-Malimping-Bayah," kata Iti.

Baca Juga: Iti Octavia: Lebak Jadi Contoh Warga Adat Rukun dalam Modernitas

3. Kecamatan Maja kota baru yang bakal jadi distrik ekonomi kreatif

Pemkab Lebak Manfaatkan Proyek Strategis Nasional Kembangkan Wisata Ilustrasi Perumahan (IDN Times/Arief Rahmat)

Iti menyebut, proyek strategis berbasis pembangunan wilayah permukiman urban, yakni Kota Baru Maja yang ada di Kecamatan Maja akan dijadikan wilayah ekonomi kreatif oleh pemerintah pusat.

"Kita tahu sekarang ini, Maja sudah menjadi wilayah urban yang mana Maja termasuk 10 proyek strategis nasional terutama dalam pengembangan perumahan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi," kata Iti.

Iti memaparkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Kecamatan Maja sudah ditetapkan sebagai prioritas distrik ekonomi kreatif yang harus dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Lebak.

"Karena pariwisata tidak terlepas dengan kulinernya, dengan UMKM dan juga souvenir-souvenir sebagai daya dukung pariwisata di semua daerah," kata dia.

Baca Juga: Potret Pembangunan di Lebak, Jalan Rusak Hingga Kekurangan Guru

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya