TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Benar Gak Sih Susu Steril dan Labu Kuning Bisa Obati COVID-19?

Baca dulu penjelasan para pakar ya guys

cuplikan video viral (Twitter.com/ezash)

Tangerang, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19, orang mencari informasi bahan-bahan yang bisa membunuh virus corona. Sampai-sampai, ada orang yang mempercayai hoaks. 

Kamu tentu masih ingat dong, beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan beredarnya video pengunjung pusat perbelanjaan berebut untuk membeli susu steril yang digadang-gadang ampuh mencegah atau mengobati COVID-19.

Gak lama kemudian, ada juga kabar yang menyebut labu kuning sebagai penawar COVID-19. Lalu kita bertanya-tanya dan mengira, benar enggak sih kabar tersebut.

Eiiits daripada terus bertanya-tanya, mending cari tahu langsung dari ahlinya. Ini loh penjelasan ahli terkait kabar itu, yang dirangkum IDN Times.

Baca Juga: Butuh 9 Juta Dosis Vaksin, Banten Baru Terima 1,6 Juta Nih

Baca Juga: Daftar Makanan yang Dibutuhkan Saat Isolasi Mandiri di Rumah

1. Susu steril dan labu sembuhkan COVID-19, enggak bener guys!

ilustrasi susu oat dan susu almon (freepik.com/freepik)

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek); berdasarkan kata banyak pakar, isu susu steril dan labu kuning bisa menyembuhkan COVID-19 itu gak benar.

Kedua bahan makanan itu gak bisa membunuh virus corona, tapi para pakar menyebut keduanya bisa meningkatkan sistem imun.

2. Susu tak bisa jadi penangkal COVID-19 seperti vaksin

Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  Zubairi Djoerban, susu steril tidak dapat membunuh virus COVID-19.

Sementara pakar dari IPB, Epi Taufik menambahkan, susu bukanlah obat untuk menyembuhkan suatu penyakit. Apalagi menjadi vaksin COVID-19 melainkan hanya untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

Perihal labu kuning yang dianggap bisa menyembuhkan COVD-19 juga tidak benar.

Baca Juga: 5 Kedai Makanan Hangat di Tangerang, Cocok Dimakan Saat Isoman

Berita Terkini Lainnya