Comscore Tracker

Teater Lonceng dari Tangsel Menang di 2 Kategori FTKJ 2022

Grup dari mahasiswa Unpam ini masuk 8 nominasi

Tangerang Selatan, IDN Times - Grup Teater Lonceng menjadi salah satu grup teater yang paling banyak masuk nominasi Festival Teater Kampus Jakarta (FTKJ) 2022. Anggota Grup Teater Lonceng mayoritas merupakan mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). 

Dalam festival yang diselenggarakan Teater Syahid UIN Syarif Hidayatullah itu, Teater Lonceng masuk delapan dari 14 nominasi, yakni Video Teaser Terbaik, Desain Poster Terbaik, Tata Cahaya Terbaik, Tata Rias Terbaik, Musik Terbaik, Tata Panggung Terbaik, Tata Kostum Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Dari delapan nominasi, Teater Lonceng menang di dua kategori, yakni Tata Kostum Terbaik dan Aktor Terbaik yang diberikan kepada Ahmad Zulkarnaen.

"Saya sangat bangga pada teman-teman Teater Lonceng. 8 nominasi itu juga sudah masuk 3 besar, jadi anggaplah yang 8 itu juara 3 semua," kata Ahmad Zulkarnaen di Universitas Pamulang, Rabu (9/11/2022).

1. Enggak punya tempat latihan di kampus jadi motivasi

Teater Lonceng dari Tangsel Menang di 2 Kategori FTKJ 2022Sumber: Unpam.ac.id

Dia mengungkapkan bahwa meskipun Teater Lonceng itu nomaden di kampus sendiri, tapi itu bukan menjadi suatu halangan untuk tetap berproses dan mencapai tujuan dalam berteater.

"Teater Lonceng itu enggak punya tempat latihan, berpindah-pindah, bahkan kadang sampai diusir oleh pihak keamanan kampus," kata dia.

Tapi, lanjutnya, itu bisa menjadi motivasi agar pihaknya harus punya capaian dengan menyabet nominasi. Dia juga berharap, kelompok ini mempunyai tempat yang tetap untuk latihan.

2. FTKJ 2022 diikuti 9 grup teater

Teater Lonceng dari Tangsel Menang di 2 Kategori FTKJ 2022Pertunjukan teater (instagram.com/titimangsafoundation)

Ketua panitia FTKJ 2022 Muhamad Saepudin mengatakan, tujuan diadakannya FTKJ 2022 ini untuk menampung kreasi teater kampus. Tahun ini, ada 9 peserta finalis dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Yaitu, Teater Camuss, Teater Hijrah, Teater Hijau 51, Tema Gunadarma, Teater Meraki, Komunitas Ranggon Sastra, Bengkel Kreasi Seni Teknik UI, Teater Patri, dan Teater Lonceng sebagai perwakilan Universitas Pamulang," kata dia.

3. Ada 14 nominasi yang dilombakan

Teater Lonceng dari Tangsel Menang di 2 Kategori FTKJ 2022Anggota Kala Teater saat melakukan lokakarya untuk Proyek Kota dalam Teater 2022. (Dok. Kala Teater)

Saepudin mengatakan, kawan-kawan mahasiswa antusias dalam menghadiri acara penutupan dan penganugerahan dengan tema "Kondangan Teater" untuk menunggu 14 nominasi yang akan disebutkan.

Adapun 14 kategori nominasi itu, antara lain Aktor dan Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, Produksi Terbaik, Tata Cahaya Terbaik, Musik Terbaik, Tata Kostum Terbaik, Tata Rias Terbaik, Tata Panggung Terbaik, Video Teaser Terbaik, Desain Poster Terbaik, dan Grup Teater satu sampai tiga Terbaik.

Baca Juga: Pedagang di Kantin Kampus Unpam, Bertahan di Masa Sulit 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya