TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cegah Kebakaran, Pemkot Tangerang Harap PSEL Bisa Berjalan

Tapi proyek ini masih terhambat izin KLHK dan PLN

Dok. Pemkot Tangerang

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menegaskan telah lama ingin meninggalkan sistem pengelolaan sampah open dumping. Hal tersebut lantaran memiliki banyak risiko pencemaran lingkungan dan rawan kebakaran, seperti yang terjadi di TPA Rawa Kucing saat ini.

Beberapa pendekatan telah dilakukan oleh Pemkot untuk menyelesaikan persoalan sampah di Lota Tangerang antara lain lewat penggunaan magot, kemudian juga lewat sistem Refused Derived Fuel (RDF) yang mengubah sampah menjadi energi.

"Sampai terakhir kota Tangerang ditunjuk menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional untuk pengelolaan sampah lewat Pengelolaan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL), artinya kita Pemkot komit untuk menyelesaikan persoalan sampah," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Potret Terkini TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

Baca Juga: 34 Warga Sekitar TPA Rawa Kucing Mengungsi di Kantor Camat

1. Pelaksanaan PSEL terhambat izin dari KLHK dan PLN

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Namun pihaknya mengaku pengelolaan sampah memerlukan kerja sama semua pihak. Termasuk dalam menuntaskan program PSEL yang menjadi bagian dari proyek Strategis Nasional.

"Mitra pelaksana pembanguan PSEL belum bisa melaksanakan pembangunan karena masih menunggu AMDAL dari KLHK dan PJBL dari PLN, dari 9 Maret 2022 sampai sekarang surat-surat ini belum keluar," imbuhnya.

2. Pemkot Tangerang berharap KLHK segera terbitkan persetujuan teknis PSEL

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Oleh karenanya, lanjut Tihar, pihaknya berharap KLHK bisa segera menerbitkan Persetujuan Teknis (pertek) agar bisa mengurus dokumen yang lain.

"Ini kan masuk Proyek Strategis Naisonal, harusnya semua pihak bisa bekerja sama menjalankan tugasnya masing-masing demi kepentingan negara, dan persoalan sampah bisa segera diselesaikan. Kalau ini enggak jalan, risiko pencemaran lingkungan dan musibah kebakaran akibat dari sistem open dumping akan terus ada," jelasnya.

Verified Writer

Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya