Comscore Tracker

PSBB Tangerang Raya, Bandara Soetta Siapkan Minimum Operation

AP II dukung penerapan PSBB di Tangerang Raya

Tangerang, IDN Times - PT Angkasa Pura (AP) II sudah menyiapkan program minimum operation di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk menyesuaikan rencana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya pada Sabtu (18/4).

Minimum operation tersebut akan mengatur pola pergerakan penumpang sehingga physical distancing di bandara itu berjalan optimal.

Baca Juga: Ratusan TKI dari Malaysia dan Arab Saudi Tiba di Bandara Soetta

1. Bandara Soetta sudah terapkan pembatasan sosial sejak 1 April lalu

PSBB Tangerang Raya, Bandara Soetta Siapkan Minimum OperationDOK AP II

President Director PT AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, pihaknya sangat mendukung penerapan PSBB di Tangerang Raya setelah direstui oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Sejak 1 April lalu, kata Awaluddin, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah menjalankan pembatasan sosial cukup masif.

"Yakni dengan menerapkan status minimum operation untuk mengatur pola pergerakan penumpang sehingga tercipta physical distancing yang optimal di bandara," jelasnya, Senin (13/4).

Baca Juga: Menkes Setujui PSBB Tangerang Raya!

2. AP II optimis penerapan minimum operation dapat mendukung PSBB Tangerang Raya

PSBB Tangerang Raya, Bandara Soetta Siapkan Minimum OperationDOK AP II

Awaluddin mengatakan, dengan minimum operation, Terminal 1B, 1C, dan 2F ditutup. Pelayanan hingga saat ini dilakukan selama 24 jam di Terminal 1A, 2D, 2E dan seluruh Terminal 3. Pembatasan sosial di bandara tersebut turut membantu penerapan PSBB secara penuh di 3 wilayah di Banten.

"Bandara Soekarno-Hatta terletak di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Kami optimistis dengan telah dilakukannya penyesuaian operasional menjadi minimum operation," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, bandara yang juga merupakan salah satu pusat aktivitas terbesar di Banten ini dapat mendukung implementasi penuh PSBB di Banten. 

3. AP II: Ada dua bandara yang berada di tengah penerapan PSBB

PSBB Tangerang Raya, Bandara Soetta Siapkan Minimum OperationIDN Times/Candra Irawan

Awaluddin melanjutkan, tidak hanya itu, ada dua bandara yang dikelola AP II saat ini berada di tengah PSBB pemerintah daerah setempat. Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, merupakan bandara utama dan pusat kegiatan bagi masyarakat Jabodetabek.

"Peran Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma cukup vital, di mana merupakan penyangga konektivitas transportasi udara di Indonesia dan bandara utama dan pusat kegiatan bagi warga Jabodetabek," kata dia.

 PT Angkasa Pura II, imbuhnya, telah menjalankan pembatasan sosial di kedua bandara ini sehingga terintegrasi dengan PSBB di DKI Jakarta, Banten, Bogor, Depok dan Bekasi. 

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya