Al Muktabar Mundur dari Jabatan Sekda Banten

Muhtarom ditunjuk jadi plt. Ada apa?

Serang, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Al Muktabar mengundurkan diri dari jabatannya. Kabar pengunduran pejabat tertinggi aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu ramai diperbincangan di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten.

Pengunduran diri tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Pemprov Banten Komarudin. Dia mengatakan Sekda Banten telah menyampaikan permohonan pengunduran diri kepada Gubernur Banten Wahidin Halim pada Senin 22 Agustus 2021.

"Beliau secara tertulis mengajukan permohonan pindah balik ke instansi asal (Kementerian Dalam Negeri)," kata Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Diprotes Pegiat Wisata Soal Penutupan, Wahidin: Gak Ada Urusan

1. Pengunduran diri Sekda itu telah disetujui oleh Gubernur Banten

Al Muktabar Mundur dari Jabatan Sekda BantenGubernur Banten, Wahidin Halim (ANTARA FOTO/Fauzan)

Komarudin juga mengungkap, per hari ini, Selasa (24/8/2021) surat permohonan pengunduran diri Al Muktabar sudah disetujui oleh Gubernur Banten Wahidin Halim sehingga jabatan Sekda Banten sementara masih kosong.

"Dan hari ini juga gubernur telah mengusulkan ke presiden melalui Mendagri pemberhentian Al Muktabar sebagai Sekda Banten," katanya.

2. Pemprov bantah pengunduran diri Al Muktabar karena berselisih dengan gubernur

Al Muktabar Mundur dari Jabatan Sekda BantenIDN Times /Khaerul Anwar

Komarudin membantah isu yang beredar bahwa pengunduran diri Al Muktabar karena ada perselisihan dengan Gubernur Banten. Namun, alasan mundurnya Al Muktabar akan mengikuti lelang jabatan di Kemendagri.

"(Selisih dengan gubernur?) Oh gak ada.  Faktanya, beliau mengajukan surat (mundur) itu pilihan pribadi beliau memilih karier," katanya.

3. Pemprov sudah menunjuk pejabat baru untuk isi posisi plt sekda

Al Muktabar Mundur dari Jabatan Sekda BantenPemprov Banten saat perayaan HUT RI ke-76. (Dok. Pemprov Banten)

Kemudian, lanjut Komarudin, untuk mengantisipasi kekosongan jabatan tersebut, Gubernur Banten telah menunjuk Kepala Inspektorat Banten Muhatrom untuk menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda Banten.

"Agar tugas sekda di Banten tetap berjalan," katanya.

Baca Juga: Hari Pertama Mal Buka di Tangerang, Bagaimana Penerapannya?

Baca Juga: Pembangunan Terhambat, Pemprov Banten Diminta Segera Cairkan Bankeu  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya