Antisipasi Perburuan Badak, Kawasan TNUK Dijaga Brimob 

Tim pengamanan TNUK saat ini tak memadai

Serang, IDN Times - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meningkatkan keamanan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) untuk mencegah perburuan badak bercula satu.

Salah satu upaya peningkatan keamanan itu dengan cara menempatkan sejumlah personel Brimob bersenjata di sana. Mereka akan berpatroli secara rutin dengan Tim Patroli Rhino Protection Balai TNUK di tempat yang menjadi habitat badak Jawa tersebut.

Baca Juga: Berburu Biota Laut di Kawasan Konservasi TNUK, 18 Nelayan Ditangkap

1. Selama ini, personel pengamanan yang dimilik balai TNUK belum memadai

Antisipasi Perburuan Badak, Kawasan TNUK Dijaga Brimob Dok. Istimewa/TNUK

Kepala Balai TNUK Ardi Andono mengatakan, selama ini polisi hutan (Polhut) TNUK telah melakukan operasi-operasi rutin dalam rangka pengamanan dan perlindungan kawasan. Namun, operasi itu belum maksimal karena jumlah personel belum memadai sehingga masih ada oknum masyarakat yang melakukan perburuan di kawasan tersebut.

"Oleh sebab itu perlu adanya bantuan personel dari Brimob Polda Banten jika TNUK mengadakan operasi-operasi di dalam kawasan," kata Ardi, Kamis (28/9/2023).

2. Populasi badak Jawa hanya sedikit, tercatat ada 80 ekor

Antisipasi Perburuan Badak, Kawasan TNUK Dijaga Brimob Ekspedisi Badak Jawa (Dok. JRE)

Hewan langka yang mempunyai nama Latin rhinoceros itu kini jumlahnya cuma sedikit bahkan terancam punah. Berdasarkan data yang dihimpun, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) pada KLHK populasi badak Jawa di TNUK sebanyak 80 ekor.

Kawasan TNUK yang berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten merupakan satu-satunya habitat populasi badak Jawa di dunia.

"Badak Jawa ini adalah milik Dunia yang ada di Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang yang jumlahnya hanya sedikit, bukan hanya tugas TNUK saja untuk menjaganya, tapi kita semua harus juga ikut menjaga kelestariannya untuk anak cucu kita nanti," katanya.

3. Sebelumnya, tim satgas menemukan tulang badak

Antisipasi Perburuan Badak, Kawasan TNUK Dijaga Brimob Instagram/tnujungkulon

Sebelumnya, Satuan Tugas Operasi Gabungan KLHK dan Polda Banten menemukan tulang badak Jawa diduga hasil perburuan liar di kawasan TNUM Kabupaten Pandeglang, Banten yang menjadi habitat badak bercula satu.

Selain badak, ada tulang belulang satwa dilindungi lainnya juga turut ditemukan seperti rusa dan banteng selama operasi yang digelar sejak 17 Juli 2023 hingga 2 Agustus 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Polda Banten.

"Ditemukan memang ada tulang tulang disana berkaitan disana termasuk tulang belulang badak Jawa," kata Dirjen Gakum KLHK Rasio Ridho Sani di Mapolda Banten, Selasa (15/8/2023).

Dalam operasi itu juga satgas gabungan berhasil mengamankan total sebanyak 294 senjata api jenis bedil locok dari warga yang tinggal di sekitar lokasi TNUK terkait perburuan badak Jawa.

Baca Juga: Badak Jawa Jadi Maskot Piala Dunia U-17, Pj Gubernur: Mari Kita Jaga 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya