Comscore Tracker

Jokowi: Harga Minyak Goreng Curah Kembali Normal Rp14 Ribu 

Pedagang malah ngeluh harga cabai naik Rp90 ribu per kg

Serang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut harga minyak goreng di pasaran sudah turun atau kembali normal saat mengecek langsung ketersediaan dan harga minyak goreng di Pasar Tradisional Baros, Kabupaten Serang pada Jumat (17/6/2022). Harga minyak curah sudah kembali ke Rp14 ribu per liter.

"Saya ke pasar ini untuk mengecek harga minyak goreng curah saya lihat harga sudah baik, sudah Rp14 ribu," kata Jokowi kepada wartawan di sela-sela kunjungan.

1. Jokowi pun akan mengecek ke provinsi lain

Jokowi: Harga Minyak Goreng Curah Kembali Normal Rp14 Ribu IDN Times/Khaerul Anwar

Dia pun meminta kepada awak media membuktikan langsung ucapannya ke sejumlah kios yang menjual minyak goreng di Banten bahwa harga sudah kembali normal. Hal ini pun sesuai dengan janji Jokowi, dua pekan lalu bahwa harga minyak goreng curah akan kembali ke harga Rp14 ribu per liter.

'Coba dicek sendiri di beberapa kios. Ini yang akan saya cek di beberapa pasar di provinsi lain," katanya.

Baca Juga: Jokowi Janjikan Harga Migor Curah Kembali Rp14 Ribu dalam 2 Pekan

2. Pedagang malah mengeluhkan harga cabai yang mahal

Jokowi: Harga Minyak Goreng Curah Kembali Normal Rp14 Ribu IDN Times/Khaerul Anwar

Terpisah, Diah salah satu pedagang minyak goreng membenarkan bahwa harga minyak goreng curah sudah kembali normal, yakni Rp14 ribu per liter, beberapa hari ini. Sebelumnya, harga minyak sempat menyentuh harga Rp18 ribu per liter. 

"Kalau kemasan masih mahal 21 ribu (per liter)," katanya.

Namun, lanjut Diah, kenaikan terjadi pada komoditas lain, yakni harga cabai rawit merah yang menyentuh harga Rp90 ribu per kg.  'Tadi ngeluh cabe doang (ke presiden) ada dua mingguan naik normalnya Rp30 ribu," katanya.

3. Dalam kunjungan ke Serang, Jokowi pun kembali meninjau Bendungan Sindangheula

Jokowi: Harga Minyak Goreng Curah Kembali Normal Rp14 Ribu IDN Times/Khaerul Anwar

Selain mengecek harga sembako, Presiden menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang di Pasar Baros, Kabupaten Serang.

Selepas itu, Presiden meninjau Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang, sebelum kemudian kembali ke Helipad Lapangan Boru. Presiden akan kembali menuju Bogor melalui Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja.

Baca Juga: Polri Awasi Suplai Minyak Goreng di 17 Ribu Pasar Setiap Hari  

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya