Comscore Tracker

Polisi Tambah 4 Kamera ETLE di Kota Serang, Nih Lokasinya! 

ETLE tahap pertama dinilai efektif

Serang, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten menambah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa ruas jalan protokol Kota Serang, Banten.

"Program penambahan ETLE tahap dua Ditlantas Polda Banten pada tahun 2022 ini ada empat titik, yang satu titik hanya diperbaharui," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi saat dikonfirmasi, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Waspada Omicron, Pintu Masuk Ke Kota Serang Diperketat 

1. Catat, nih lokasi pemasangan ETLE tahap dua

Polisi Tambah 4 Kamera ETLE di Kota Serang, Nih Lokasinya! Petugas Satlantas mengecek ETLE Mapolresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dia menyampaikan, keempat titik tersebut, yakni Jalan Raya Serang - Jakarta tepatnya depan pintu keluar Mal of Serang, Simpang empat Kebon Jahe, Kota Serang, Simpang empat Ciruas, Kabupaten Serang.

"Satu lagi untuk di simpang empat Ciceri, Kota Serang merupakan optimalisasi dari ETLE manual menjadi ETLE otomatis," katanya.

2. Kamera ETLE telah terpasang

Polisi Tambah 4 Kamera ETLE di Kota Serang, Nih Lokasinya! Sosialisasi ETLE di titik Nol Kilometer, Kota Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Kamarul mengatakan, keempat titik tersebut sudah mulai dipasang kamera yang terkoneksi ke ruang kontrol tilang ELTE di Mapolda Banten. Namun, pihaknya untuk aktivasi tinggal menggu arahan dari Korlantas Mabes Polri.

"Saat ini sedang proses pemasangan peralatan dan untuk operasional ETLE tahap dua ini masih menunggu perintah dari Korlantas," katanya.

3. Sistem tilang elektronik dinilai efektif

Polisi Tambah 4 Kamera ETLE di Kota Serang, Nih Lokasinya! Kamera ETLE, Jumat (26/2/2021). IDN Times/Tama Wiguna

Menurutnya, Penerapan ETLE dinilai efektif dalam menindak pelanggar lalu lintas. Pemasangan tahap pertama dilakukan pada 1 April 2021 di tiga titik, yakni lampu merah Ciceri, Sumur Pecung, dan Pisang Mas Kota Serang.

"Pada jalur yang terpasang ETLE, petugas tidak perlu melaksanakan diplomasi dengan pelanggar dan mereka tidak pernah ada yang protes," katanya.

Tercatat, selama tahun 2021 sebanyak 17.492 pelanggar dikenakan sanksi berupa tilang melalui kamera ETLE.

Baca Juga: Catat! 10 Jenis Pelanggaran Diincar Kamera ETLE

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya