Profil Rudy Heryanto, Kapolda Banten yang Baru

Rudy pernah jadi ketua tim kuasa hukum penyerang Novel

Serang, IDN Times - Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis melakukan mutasi sejumlah perwira tinggi dan menengah  di jajaran Polri. Salah satu yang dimutasi adalah Kapolda Banten Irjen  (Pol) Fiandar yang digantikan Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho.

Rudy dan Fiandar bertukar posisi jabatan. Rudy jadi Kapolda Banten, Fiandar menjadi  Kadivkum Polri.

"Pak Fiandar digeser karena mendapat promosi jabatan," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardy saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2020).

Lantas siapa Rudy Heryanto?

Baca Juga: Kapolri Mutasi Pati Polri, Termasuk Kapolda Banten

1. Rudy pernah menjadi ketua tim kuasa hukum penyerang Novel Baswedan

Profil Rudy Heryanto, Kapolda Banten yang BaruSidang vonis penyiraman air keras Novel Baswedan (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, alumni Sekolah Perwira Polri tahun 1993 itu pernah menjadi ketua tim kuasa hukum dua orang polisi, Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette.

Ronny dan Rahmat merupakan pelaku penyerangan air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. 

Rudy pun dilaporkan oleh tim kuasa hukum Novel ke Propam terkait dugaan telah menghilangkan barang bukti dalam perkara dua terdakwa penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK tersebut.

Dalam kasus penyerangan Novel itu, Ronny dan Rahmat divonis bersalah pada Juli 2020. Rahmat divonis lebih berat, yakni 2 tahun penjara. Sementara Ronny Bugis divonis 1,5 tahun bui. 

Baca Juga: Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 Tahun dan 18 Bulan

2. Berpengalaman dalam bidang reserse

Profil Rudy Heryanto, Kapolda Banten yang BaruIlustrasi Kriminalitas (IDN Times/Mardya Shakti)

Mantan Kadivkum Polri itu merupakan perwira tinggi polri yang cukup berpengalaman di bidang reserse. Terbukti, pria kelahiran Jakarta, 17 Maret 1968 itu pernah menduduki jabatan di bidang reserse, seperti Dirreskrimum Polda Metro Jaya 2016, Dirtipidter Bareskrim Polri 2017 dan Dirtipideksus Bareskrim Polri 2018.

Rudy yang merupakan alumni Sekolah Perwira Polri tahun 1993 itu pun pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat pada 2015.

Rudy menjadi bagian dari tim penyidik yang menangani perkara penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan semasa menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Metro Jaya.

3. Kapolda Rudy membawahi 6 polres di Banten

Profil Rudy Heryanto, Kapolda Banten yang BaruDok. Humas Polda Banten

Setelah resmi menjabat sebagai Kapolda di tanah Jawara, dia akan membawahi sebanyak 6 Polres di Banten, yakni Polres Lebak, Polres Pandeglang, Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang dan Polresta Tangerang.

Polres Metro Tangerang, Polres Bandara Soekarno-Hatta, dan Polres Tangerang Selatan masih menjadi bagian Polda Metro Jaya. 

Baca Juga: Mengenal Edy Sumardi, Kabid Humas Polda Banten 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya