Comscore Tracker

Rekor, Banten Catat 137 Kasus Baru dalam 24 Jam

Penerapan protokol kesehatan dinilai belum optimal

Serang, IDN Times - Tambahan kasus baru positif COVID-19 di Banten meroket hari ini. Per hari ini 15 September 2020, ada tambahan 137 kasus sehingga daerah penyanggah DKI Jakarta ini menorehkan rekor baru tambahan kasus paling banyak dalam sehari.

"Selama dalam sejarah COVID di Banten, baru Hari ini kasus per hari lebih dari 100 (kasus) dari seluruh wilayah 8 kabupaten/kota," kata Kepala Dinas Dinas Kesehatan Provinsi Banten  Ati Pramudji Astuti saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Gubernur Sebut Seluruh Banten PSBB, Bupati Serang: Agak Berat

1. Total jumlah kasus di Banten tembus 3.633 kasus

Rekor, Banten Catat 137 Kasus Baru dalam 24 JamIlustrasi pasien COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan data Pemprov Banten ada sebanyak 137 kasus baru di wilayahnya. Dengan penambahan kasus yang mencapai 100 lebih kasus tersebut, total jumlah kasus positif corona di tanah Jawara mencapai 3.633 kasus. Rinciannya, sebanyak 909 orang masih dirawat, sebanyak 2. 569 orang sembuh dan sebanyak 155 orang meninggal dunia.

"Peningkatan kasus yg signifikan ini, disebabkan semakin masifnya swab PCR yang dilakukan oleh dinkes kabupaten/kota provinsi, melalui kegiatan tracing dan screening," katanya.

2. Belum optimalnya penerapan protokol kesehatan

Rekor, Banten Catat 137 Kasus Baru dalam 24 JamFeri J Saputra

Selain masifnya tracing dan screening yang dilakukan oleh pemerintah daerah, menurut Ati, belum optimalnya penerapan protokol pencegahan di segala sektor ditambah menurunnya kesadaran masyarakat terhadap bahayanya penyebaran virus yang semakin meningkat dan cepat dengan tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Di tengah mobilitas masyarakat semakin tinggi. Oleh karenanya perlu dukungan semua elemen untuk melakukan edukasi dalam membangkitkan sense of crisis pandemi COVID-19 di masyarakat," katanya.

3. Pasien OTG diminta disiplin saat melakukan isolasi mandiri

Rekor, Banten Catat 137 Kasus Baru dalam 24 JamBupati Jeneponto Iksan Iskandar didampingi istri, Hamsiah mengumumkan dirinya positif COVID-19 melalui video, Senin (14/9/2020). Dok. Istimewa

Ati mengimbau kepada pasien positif COVID-19 yang tanpa gejala atau mengalami gejala ringan untuk menerapkan tata cara isolasi mandiri secara benar agar tidak menjadi pemicu bertambahnya klaster keluarga.

"Mari bersama satukan visi dan misi serta bergandeng tangan tanpa harus menyalahkan SOP yang telah ditetapkan," katanya.

Baca Juga: Gubernur Banten Terapkan PSBB di Semua Wilayah Akibat Kasus Meningkat

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya