Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya 

Selamat menunaikan ibadah puasa

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Pusat telah menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu, 3 April 2022 mendatang. Umat Muslim pun tengah bersiap untuk melaksanakan ibadah puasa wajib yang dilakukan satu tahun sekali selama satu bulan penuh tersebut.

Setiap daerah pun memiliki jadwal Imsakiyah sebagai penanda masuk sahur dan waktu berbuka puasa. Berikut, IDN Times menyediakan jadwal di wilayah Provinsi Banten dilansir dari situs https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Ibadah Puasa dengan Sehat, Tetap Semangat Yuk!

Rekomendasi Masjid di Provinsi Banten

Umat muslim juga biasanya melaksanakan itikaf di Masjid atau Musala selama bulan Ramadan. Hal tersebut dilakukan jika ingin bulan Ramadan diisi dengan berbagai ibadah sehingga lebih fokus. 

Bagi kalian yang juga ingin melaksanakan ibadah di masjid-masjid besar yang ada di Provinsi Banten, terdapat beberapa rekomendasi yang bisa dikunjungi, nih!

1. Masjid Agung Banten, Serang

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya Masjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Di mata peziarah, Masjid Agung Banten ini tentunya tidak asing lagi didengar. Banyak orang dari berbagai daerah berkunjung ke Masjid ini untuk melakukan ziarah lantaran terdapat makam para tokoh ulama Banten berikut keluarganya. 

Masjid ini berlokasi di Jalan Masjid Agung Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. 

2. Masjid Agung Ar Rahman, Pandeglang

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya IDN Times/Dok. Wikipedia

Masjid Ar Rahman dibangun pada tahun 1870, Masjid ini dapat menampung sekitar 1.000 jamaah dan berdiri di atas tanah wakaf dari Raden Adipati Arya Natadiningrat atau Raden Alya atau Dalem Ciekek. Berada di kaki Gunung Karang dengan cuaca Pandeglang dikenal lebih adem dari daerah sekitar, tak heran jika masjid ini selalu sejuk. Walau cuaca panas tetap berasa nyaman.

Masjid ini berlokasi di Jalan Taman Pahlawan No.1, Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

3. Masjid Agung Al A'raf, Kabupaten Lebak

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya IDN Times/Dok. Situs Anugerah Kubah

Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung merupakan kompleks tempat bersemayamnya jenazah Adipati Natanegara tersebut. Sebagai catatan, Adipati Natanegara merupakan Bupati Kabupaten Lebak pada tahun 1830-an.

Hal yang unik juga dimiliki oleh Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung, yaitu memiliki sebuah meriam tua yang masih digunakan hingga kini. Meriam tersebut digunakan untuk memberikan tanda waktu berbuka puasa dan Sahur pada setiap hari di bulan Ramadhan.

Masjid ini berlokasi di Jalan Kaum, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

4. Masjid Raya Al A'zhom, Kota Tangerang

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya https://duniamasjid.islamic-center.or.id

Masjid Al A'zhom berdiri di atas lahan seluas 2,25 hektare itu bahkan bisa dikatakan sebagai kebanggaan umat Islam Indonesia. Sebab, inilah masjid yang diklaim mempunyai kubah terbesar sedunia.

Ada empat buah menara pada setiap sudut bangunannya. Masing-masing menara memiliki ketinggian hingga 55 meter. Bentuknya ramping dan runcing pada ujungnya. Jika memasuki masjid ini, jemaah pasti merasakan sensasi megah. 

Masjid ini berlokasi di Jalan Satria Sudirman, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. 

5. Masjid Agung Al Amjad, Kabupaten Tangerang

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya IDN Times/Dok. Pemkab Tangerang

Masjid Agung Al-Amjad, memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki menara dengan ketinggian 66,66 meter sesuai dengan angka jumlah ayat yang ada pada Alquran.

Selain itu, menara Masjid Agung Al-Amjad terpisah dari bangunan utama masjid atau induknya. Menara Masjid Agung Al-Amjad dibuat dalam bentuk segi delapan, semakin keatas luas menara semakin mengecil. Menara tersebut juga berfungsi sebagai tanda keberadaan masjid agar bisa dilihat dari kejauhan.

Masjid ini berlokasi di Jalan Taman Anggrek, Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten. 

Baca Juga: Daftar Makam Bersejarah Islam di Tangerang, untuk Ziarah

6. Masjid Agung Tanara, Kabupaten Serang

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya IDN Times/Dok. Kabar Banten

Masjid Agung Tanara merupakan salah satu masjid peninggalan Sultan Banten pertama, yakni Sultan Maulana Hasanudin yang memerintah kesultanan Banten pada 1552 hingga 1570. 

Masjid ini berlokasi di Kampung Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. 

7. Masjid Agung Al Jihad, Kota Tangerang Selatan

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Kota Serang dan Sekitarnya IDN Times/Dok. Abouttng

Bangunan Masjid Agung Al Jihad disebut-sebut sebagai masjid tertua di Tangerang Selatan.  Masjid ini dibangun oleh saudagar Arab bernama Tuan Salim. Salim memperistri seorang perempuan Ciputat keturunan Tionghoa. Salim mulanya mendirikan surau atau kala itu orang menyebut langgar beratap ijuk sebagai tempat ibadah warga setempat. Hingga surau mengalami renovasi dan berubah menjadi Masjid Agung Al Jihad tersebut. 

Masjid ini berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara No.2-4, Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya