Comscore Tracker

Penumpang Bandara Soetta Hormat Bendera Saat Peringatan HUT ke-77 RI

Operasional penerbangan tak terganggu 

Tangerang, IDN Times - Petugas dan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan hormat bendera saat lagu Indonesia dikumandangkan di area Counter Check-In Terminal 2E, Rabu (17/8/2022). Hal tersebut dilakukan untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi mengatakan, dalam kegiatan ini, sebagai salah satu peringatan semangat bangkit dari pandemik COVID-19.

"Kita ajak penumpang dan petugas bandara untuk mengheningkan cipta sejenak untuk menghormati sang saka merah putih," ujar Agus.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Gagalkan Keberangkatan 1.726 PMI Ilegal 

1. Kegiatan check-in dihentikan sementara saat Indonesia Raya dikumandangkan

Penumpang Bandara Soetta Hormat Bendera Saat Peringatan HUT ke-77 RIIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pantauan di lokasi, kegiatan check-in untuk para penumpang pun dihentikan sementara saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan sekitar 5 menit. Suasana yang tadinya ramai dengan aktivitas di bandara tiba-tiba hening lantaran lagu kebangsaan Indonesia menggema.

"Kita hentikan sesaat kegiatan di terminal ini kita berikan penghormatan kepada sang saka merah putih termasuk kegiatan check-in penumpang lainnya kita hentikan sejenak untuk penghormatan sang saka merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," kata Agus.

2. Ada lomba rakyat yang bisa diikuti penumpang juga. Seru~

Penumpang Bandara Soetta Hormat Bendera Saat Peringatan HUT ke-77 RIIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain penghormatan kepada bendera merah putih, terdapat pula kegiatan fun games yang berisi lomba rakyat seperti lomba joget sambil membawa balon di kepala secara berpasangan, memasukkan paku ke dalam botol, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga bertempat di Terminal 2E Bandara Soetta.

"Penumpang juga bisa bebas mengikuti kegiatan lomba tersebut," tuturnya.

3. Pastikan pelayanan penumpang tak terganggu

Penumpang Bandara Soetta Hormat Bendera Saat Peringatan HUT ke-77 RIIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski terdapat berbagai kegiatan dalam memperingati HUT ke-77 RI tersebut, namun Agus memastikan operasional penerbangan dan pelayanan penumpang tak akan terganggu.

"Jadi Bandara Soetta beroperasi normal seperti biasanya," ungkapnya.

Sementara itu, Tito Suryadi, seorang penumpang tujuan Surabaya mengatakan, tak merasa terganggu dengan adanya kegiatan tersebut. Meski harus menunggu beberapa menit untuk melakukan proses check-in, namun ia mengatakan bangga dengan hak tersebut.

"Justru bagus ya, meskipun engga bisa merayakan HUT RI secara formal, tapi kita penumpang juga bisa ikut menghormati bendera merah putih saat mau terbang," ungkapnya.

Baca Juga: Potret Peringatan HUT ke-77 RI di Banten, Merdeka!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya