Comscore Tracker

Pintu Masuk Indonesia, Apa Saja Fasilitas Mewah di Bandara Soetta?

Mau mencoba fasilitas sultan di bandara? #IDNTimesBanten

Tangerang, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan pintu masuk Indonesia dan menjadi bandar udara terbesar di Indonesia. Gak heran, bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas mewah untuk menunjang pelayanan. 

Bandara ini berdiri di atas lahan seluas 2.137 hektare yang terdiri dari 3 terminal, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

President Director PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin mengatakan, bandara merupakan bentuk representatif dari suatu negara. Dengan demikian, sebagai pintu masuk Indonesia, Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus merepresentasikan hal yang baik.

"Halaman terdepan Indonesia itu ya Bandara Soekarno-Hatta ini. Orang asing yang datang ke Indonesia kesan pertama sangat ditentukan di layanan bandara kalau layanan bandara buruk persepsi terhadap negara langsung bisa menjadi buruk," ujar Awaluddin, Kamis (18/2/2021).

Lalu, apa saja nih layanan mewah yang ada di Bandara Soekarno-Hatta?

Baca Juga: Masuk yang Tersibuk, Ini 6 Fakta Bandara Soekarno-Hatta

1. Saphire Precious sebagai layanan lounge first class

Pintu Masuk Indonesia, Apa Saja Fasilitas Mewah di Bandara Soetta?IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta baru saja meresmikan adanya layanan ruang tunggu ataulounge first class. Ruang ini dinamakan Saphire Precious.

Layanan ruang tunggu mewah ini dihadirkan di Ex-Gedung VIP Terminal 1B. Dikelola oleh PT Angkasa Pura Solusi (APS), layanan ini memberikan layanan bagi penumpang yang ingin merasakan sensasi menunggu penerbangan dengan layanan VIP.

"Jadi calon penumpang bisa merasakan sensasi menunggu penerbangan seperti layaknya tamu Very Important Person (VIP), karena gedung ini juga terdapat ruangan bekas ruang tunggu RI1 (Presiden RI) dan RI2 (Wakil Presiden RI)," kata Awaluddin.

Di ruang tunggu ini, calon penumpang tak perlu lagi mengantre di Security Check Point (SCP), check-in maskapai, bahkan berjalan jauh untuk sampai di gate keberangkatan.

"Karena di sini seluruh proses dipersingkat, sehingga untuk check-in, pemeriksaan bagasi, ground handling, hingga naik ke pesawat diantar langsung dari pintu lounge ini menuju pintu pesawat, bahkan selama menunggu penerbangan akan dilayani oleh personal assistant," jelas Awaluddin.

President Director APS, Dorma Manalu mengatakan, saat ini tengah ada harga promo bagi calon penumpang yang ingin merasakan layanan ruang tunggu mewah ini, yakni menjadi Rp699.000 dari harga normal yakni Rp999.999.

Penumpang kelas apapun dan maskapai apapun bisa memesan layanan ini melalui saphireprecious.co.id. "Calon penumpang akan mendapat barcode sebagai akses untuk mobil pengantar agar dapat masuk ke Gedung Saphire Precious," jelas Dorma.

2. Heliport untuk perjalanan bisnis

Pintu Masuk Indonesia, Apa Saja Fasilitas Mewah di Bandara Soetta?IDN Times/Dok. Rahmat Wira

Fasilitas mewah lainnya yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah fasilitas Heliport. Fasilitas mewah ini terletak di Jalan Perimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta.

"Bandara Soekarno-Hatta merupakan satu-satunya bandara komersial yang memiliki Heliport," kata Awaluddin.

Heliport yang tersedia ini memiliki luas 2,7 hektare yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti angkutan perjalanan bisnis, kenegaraan, hingga kesehatan.

"Layanan Whitsky meliputi Helicity untuk transportasi dan Helimedivac untuk keperluan medis, Heliport Seokarno-Hatta terkoneksi dengan 171 helipad yang ada di hotel, perkantoran dan rumah sakit," terang CEO Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja

Untuk sekali penerbangan dari Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, calon penumpang perlu merogoh kocek sebesar Rp6 - 8 juta untuk menyewa helikopter. Satu helikopter berkapasitas 4 orang penumpang.

Sementara untuk Bandara Soekarno-Hatta - Bandung berkisar Rp. 16 juta dalam sekali terbang.  "Untuk charter helikopter milik Whitesky Aviation, masyarakat bisa mengunduh aplikasi Helicity di android dan iOS. Pemesanan paling lama dua jam sebelum keberangkatan," tuturnya. 

3. Hotel bintang 4 di dalam Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Pintu Masuk Indonesia, Apa Saja Fasilitas Mewah di Bandara Soetta?IDN Times/Dok. Rahmat Wira

Awaluddin mengungkapkan, di tengah pandemik COVID-19, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi untuk dapat memberikan pelayanan maksimal kepada calon penumpang dan pengguna jasa. Salah satunya, membuka hotel bintang 4 di dalam Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

"Dibukanya hotel bintang 4 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta baik di area domestik dan internasional. Peluang menciptakan bandara sebagai pusat MICE juga dapat diwujudkan dengan adanya hotel ini," kata Awaluddin. 

Nantinya, para penumpang maupun pengguna jasa bandara tak perlu lagi keluar jauh dari Bandara jika melakukan perjalanan penerbangan bisnis. Pasalnya, seluruhnya bisa dilakukan di dalam kawasan terminal. 

"Selain dari kamar berkelas bintang 4, terdapat juga fasilitas bar, restourant, meeting room, smoking room, juga kamar penyintas difable," jelasnya.

Untuk harga sendiri, saat ini masih dalam harga promo lohyakni mulai dari Rp 600.000 sampai Rp2.249.500. Harga tersebut berlaku sampai akhir Maret 2021 aja, ya!

Baca Juga: 33 Ribu WNA Melintas di Bandara Soetta Selama Pembatasan Internasional

Dari tiga fasilitas tersebut, apakah kalian tertarik untuk mencoba layanan bak sultan tersebut? 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya