Comscore Tracker

Semrawut Tiang Listrik di Tengah Jalan Raya Prancis Tangerang

Sempat ada pemotor tewas tersetrum di jalan tersebut

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Ada pemandangan tak biasa dan mengganggu di sepanjang Jalan Raya Prancis, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Jejeran tiang listrik menghiasi sepanjang jalan tersebut, bukan di pinggir jalan,  melainkan di tengah jalan.

Tak hanya tiangnya yang berdiri di tengah jalan, kabel-kabel semrawut pun menjuntai, bahkan ujung potongan kabelnya tergeletak di jalan.

Warga sekitar pun sudah lama heran dengan keadaan tiang listrik tersebut. Padahal, sejak jalan diperluas beberapa tahun lalu, terdapat penggusuran warung dan rumah warga.

"Saya juga bingung sih ya, gimana perencanaannya waktu sebelum dibangun dulu?" ujar Harjono, salah satu warga setempat pada Kamis malam (23/9/2022).

Baca Juga: Belum Setahun Dibangun, Trotoar di Kantor Pemkot Tangerang Sudah Rusak

1. Warga sempat senang karena jalan akan diperluas

Semrawut Tiang Listrik di Tengah Jalan Raya Prancis TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Harjono mengungkapkan, meski terdapat penggusuran, namun banyak warga yang senang dengan perluasan jalan tersebut. Pasalnya, Jalan Raya Prancis merupakan salah satu jalan utama, khususnya untuk truk kontainer maupun truk tanah.

"Ya dulu senang waktu diperluas, engga apa-apa lah digusur juga sedikit, tapi kan jalan jadi lebih luas, bakal berkurang macetnya juga kan, eh tapi ko pas udah dibangun, tiang listriknya ga dipindahin dulu, saya heran," tutur Harjono.

2. Badan jalan banyak digunakan warung kaki lima

Semrawut Tiang Listrik di Tengah Jalan Raya Prancis TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Lantaran jalan yang sulit dilalui kendaraan, banyak pedagang kaki lima yang membangun lapak kembali di badan jalan yang baru dibangun tersebut. Pasalnya, kendaraan khususnya roda empat tak bisa melintas lantaran tiang listrik tepat berada di tengah jalan.

"Ya tadinya motor juga engga ada yang lewat sini, karena kan pada takut ya, makanya banyak yang bangun warung-warung gitu," jelasnya.

3. Sempat ada pemotor yang tersetrum listrik, diduga akibat kabel menjuntai ke jalan

Semrawut Tiang Listrik di Tengah Jalan Raya Prancis TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Bahkan, pada 9 September 2022,  ada kasus di mana seorang pemotor tewas saat melintas di jalan tersebut. Diduga, pemotor yang berjenis kelamin wanita tersebut tersengat aliran listrik dari kabel yang menjuntai hingga ke jalan, lantaran saat itu posisi sedang hujan deras dan jalanan tergenang air.

Dalam peristiwa tersebut, wanita nahas tersebut berboncengan dengan temannya yang juga berjenis kelamin wanita. Beruntung, ia selamat dan langsung dibawa warga ke rumah sakit.

"Ada dua yang kesetrum, tapi yang satunya masih selamat, sama warga dibawa ke Rumah Sakit, yang satu lagi udah meninggal di tempat," ungkapnya.

4. Warga sudah keluhkan ke pihak kelurahan

Semrawut Tiang Listrik di Tengah Jalan Raya Prancis TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Harjono mengungkapkan, warga setempat telah mengeluhkan hal tersebut kepada pihak kelurahan, namun lantaran pemindahan tiang di tengah jalan tersebut juga ada yang milik PT Telkom, maka birokrasi terkesan ruwet.

"Engga tau deh waktu itu alasannya apa, tapi yang pasti kabelnya bukan punya PLN aja, makanya ruwet," katanya.

Ia pun berharap, tiang-tiang tersebut dapat segera dipindahkan agar jalan beton yang sudah bagus tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya.

"Itu kan jalan lama yang sebelahnya udah hancur ya, lihat sendiri kan? Kalau ini dipindahkan kan jadi ga bahaya. Banyak pemotor yang jatoh kecelakaan, terus kelindes truk belakangnya gara-gara lobang di jalan rusak itu," terang Harjono.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Siapkan Layanan Konseling Bagi Santri dan Siswa

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya