12 Kabel Internet Diputus Pemkot Tangsel, PT Telkom Minta Kelonggaran

Cuma Telkom, belasan kabel provider lain tetap diputus

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan pemutusan belasan kabel fiber optik milik 12 provider internet di Jalan Ceger Raya, Kecamatan Pondok Aren, Kamis (14/7/2022).

"Hari ini kita lakukan penertiban untuk kabel udara. Memang kita nanti dari penataan kota karena secara estetika memang sangat tidak baik ya," kata Kepala Seksi Perencanaan Penataan Jalan, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK), Ramdan Arafat ditemui di lokasi.

Namun, dalam penertiban ini, 12 kabel fiber optik milik PT Telkom Indonesia belum diputus lantaran pihak Telkom meminta penundaan sampai besok sore.

1. Cara ini untuk memaksa provider tertib

12 Kabel Internet Diputus Pemkot Tangsel, PT Telkom Minta KelonggaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Ramdan mengatakan, pihaknya mulai menerapkan rencana memindahkan kabel-kabel internet ke bawah tanah. Pada tahun pertama, pihaknya melakukan proyek ini dimulai dengan di Jalan Ceger Raya.

Pemutusan dilakukan untuk memaksa para provider segera memberikan material kabel yang akan dimasukkan ke jaringan bawah tanah yang sudah disiapkan.

"Karena dengan cara ini otomatis para provider akan segera mengirimkan material untuk bawah tanah. Pekerjaan ini terkesan agak lambat karena permasalahannya pihak provider itu agak lambat mengirimkan galian kabel," kata dia.

2. Provider mau tidak mau mempercepat proses relokasi

12 Kabel Internet Diputus Pemkot Tangsel, PT Telkom Minta KelonggaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Ramdan menyebut, jika jaringan sudah diputus para provider mau tidak mau hari ini atau besok akan mengirimkan material kabel. Supaya relokasi dipercepat.

"Pemutusan ini sepanjang Jalan Raya Ceger. Titik lain ada rencana tapi kita fokus dulu di Ceger. Provider masih mendata," kata dia.

3. PT Telkom minta kelonggaran

12 Kabel Internet Diputus Pemkot Tangsel, PT Telkom Minta KelonggaranSudaryanto, Asisten Manajer Perawatan PT Telkom Area Jaksel(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Asisten Manajer Perawatan Telkom Area Jakarta Selatan, Sudarmanto mengatakan, pihaknya meminta tenggat waktu untuk membuat sambungan jaringan sementara sebelum 12 kabel internet yang saat ini masih menjuntai dipotong pihak Pemkot Tangsel.

"(Kami) minta kelonggaran hari ini sampai besok sore. Kontingensi belum berjalan yang dipotong sama Pemda. Diseberang sementara saja, nanti kita ikut Pemda saja. Kabel 12, besok sore, selesai ga selesai besok sore dipotong," kata dia.

Baca Juga: Komoditas Bumbu di Ciputat Tangsel Mengalami Kenaikan Harga

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya