Besok, Dinkes Kota Tangerang Uji Coba Vaksin Booster di Puskesmas

Vaksin booster untuk usia 18 tahun ke atas

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengungkap, pihaknya masih melakukan uji coba vaksinasi booster di salah satu Puskesmas di Kota Tangerang besok, Rabu (12/1/2022).

Hal ini menindaklanjuti Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya mengatakan, vaksin Booster akan dimulai tanggal 12 Januari 2022, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

1. Dinkes Tangerang akan lakukan uji coba dulu

Besok, Dinkes Kota Tangerang Uji Coba Vaksin Booster di PuskesmasIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dinas Kesehatan Tangerang, kata Dini, masih mendiskusikan strategi program vaksinasi dosis ketiga ini.

"Kalo pun iya, sepertinya kami uji coba dulu di salah satu puskesmas, alur di pendaftaran awal karena harus melihat vaksinasi primernya apa dan apakah sudah lebih dari 6 bulan dari dosis kedua," kata Dini kepada IDN Times, Selasa (11/1/2022).

2. Vaksin booster untuk usia 18 tahun ke atas

Besok, Dinkes Kota Tangerang Uji Coba Vaksin Booster di PuskesmasIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebagaimana diketahui, sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas orang lanjut usia (lansia) dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

“Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya,” kata Menkes Budi, Selasa (11/1/2022) secara virtual.

Baca Juga: Vaksin Booster Kota Tangerang Targetkan 104.000 Warga 

3. Vaksin booster pertimbangkan ketersediaan vaksin

Besok, Dinkes Kota Tangerang Uji Coba Vaksin Booster di PuskesmasMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini. Pasalnya jenis vaksin booster akan berbeda dengan ketersediaan vaksin tahun lalu. Selain itu pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam negeri maupun luar negeri.

Kombinasi vaksinasi booster yang akan diberikan mulai tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI, antara lain: 

- Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

- Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

“Ini adalah kombinasi awal vaksin booster yang akan kita berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada, dan juga hasil riset yang sudah disetujui oleh Badan POM dan ITAGI. Nantinya bisa berkembang tergantung kepada hasil riset baru yang masuk dan juga ketersediaan vaksin yang ada,” ucap Menkes Budi.

Baca Juga: Dinkes Tangerang Bakal Gelar Tes PCR Secara Acak di Sekolah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya