COVID-19 Mengganas, Pemakaian Oksigen RSUD Kota Tangerang Meningkat 

Banyak pasien COVID-19 bergejala berat nih~

Kota Tangerang, IDN Times - Lonjakan jumlah kasus COVID-19 di Kota Tangerang menyebabkan kebutuhan oksigen di RSUD Kota Tangerang meningkat tiga kali lipat. Hal tersebut diungkap Direktur RSUD Kota Tangerang Dini Anggraeni.

"Jadi seiring meningkatnya jumlah pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen, maka kebutuhan oksigen atau flow gasnya pasti meningkat," tegas Dini, Rabu (23/6/2021).

1. Pengisian gas medik juga ditingkatkan

COVID-19 Mengganas, Pemakaian Oksigen RSUD Kota Tangerang Meningkat IDN Times/Galih Persiana

Meski demikian, lanjutnya, peningkatan kebutuhan oksigen tersebut sudah diantisipasi oleh manajemen RSUD Kota Tangerang, dengan menambah dua kali lipat ukuran evaporator dan pengisian gas medik tiga kali lipat dari kebutuhan normal.

"Kebutuhan oksigen pasien di RS difasilitasi melalui instalasi gas medik," kata Dini.

2. Kebutuhan meningkat akibat banyak pasien bergejala berat

COVID-19 Mengganas, Pemakaian Oksigen RSUD Kota Tangerang Meningkat Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dini menerangkan bahwa peningkatan kebutuhan oksigen pasien COVID-19 di RSUD Kota Tangerang disebabkan beberapa hal. Selain disebabkan lonjakan jumlah pasien, imbuhnya,juga diakibatkan oleh kondisi pasien yang datang di RSUD rata-rata dalam kondisi berat.

"Pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD adalah pasien-pasien dengan gejala sedang-berat-kritis yang memerlukan oksigen sampai alat bantu pernapasan," kata dia.

3. Dinkes Kota Tangerang: stok oksigen aman

COVID-19 Mengganas, Pemakaian Oksigen RSUD Kota Tangerang Meningkat (Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi) Dok. Istimewa

Sementara itu, di kesempatan yang berbeda Kepala Dinkes, Kota Tangerang Liza Puspadewi menyatakan ketersediaan oksigen di Kota Tangerang hingga saat ini, masih dalam kondisi aman.

“Rumah sakit dan masyarakat tidak usah panik dengan isu kelangkaan stok oksigen yang beredar. Stok oksigen untuk pelayanan di Rumah Sakit (RS) atau di seluruh puskesmas di Kota Tangerang masih terpenuhi dan aman,” kata Liza.

Baca Juga: 23 Kelurahan di Kota Tangerang Jadi Zona Merah Penyebaran COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya