Dinkes Tangsel Targetkan Vaksinasi 131.877 Anak Usia 6-11 Tahun 

Kendalanya, vaksinasi berbarengan dengan GIAS 

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Alin Hendalin Mahdaniar, menyebut bahwa target vaksinasi usia 6-11 tahun mencapai 131.877 anak. Untuk dosis pertama, vaksinasi untuk kelompok usia ini dilaksanakan mulai Desember 2021. 

“Kita juga melaksanakan di 9 sekolah lainnya, jadi total hari ini ada 10 sekolah. Sasaran seluruhnya ada 2.800 untuk hari ini (saja),” kata Alin, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Takut Disuntik, Seorang Anak Kabur Saat Hendak Vaksinasi COVID-19

1. Program vaksin berbarengan dengan Gerakan Imunisasi Anak Sekolah (GIAS)

Dinkes Tangsel Targetkan Vaksinasi 131.877 Anak Usia 6-11 Tahun Imunisasi bayi di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Alin mengungkapkan, terdapat sedikit kendala karena gelaran vaksin usia 6-11 tahun ini berbarengan dengan program Gerakan Imunisasi Anak Sekolah (GIAS) yang juga diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

“Karena ini kan ada kriteria, eksekusi yang harus nunggu dua minggu.  Karena saat ini, di sekolah, berbarengan dengan bulan imunisasi anak sekolah. Jadi yang baru divaksin dalam program GIAS, mereka harus menunggu dua minggu dulu, baru bisa mendapat vaksin COVID-19 ini," kata Alin.

2. Alin harap ada dukungan dari wali murid dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Dinkes Tangsel Targetkan Vaksinasi 131.877 Anak Usia 6-11 Tahun Ilustrasi vaksin (Dok. ANTARA FOTO)

Selain itu, Alin juga berharap mendapat dukungan penuh dari para wali murid untuk mengikutsertakan anak mereka dalam gelaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun. “Percepatan vaksinasi ini juga merupakan hal yang harus kita capai segera," kata dia.

Dengan demikian, imbuhnya, kekebalan komunitas pun bisa dicapai dalam upaya melindungi diri sendiri, keluarga, melindungi orang-orang tercintai. "Dan tentunya melindungi negeri ini dari COVID-19,” ungkapnya.

3. Adik-Adik SD diimbau untuk tidak takut dan ragu vaksinasi

Dinkes Tangsel Targetkan Vaksinasi 131.877 Anak Usia 6-11 Tahun Ilustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memulai vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun. Mereka yang masuk kelompok ini biasanya berada di jenjang sekolah dasar. 

Untuk itu, Dinkes Kota Tangerang mengimbau para bapak-ibu dan adik-adik tidak perlu ragu di rentang usia tersebut untuk mengikuti vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Adik-Adik, Jangan Takut untuk Divaksinasi COVID-19 Yah!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya