Comscore Tracker

DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini 

Rencana Wali Kota tak ada di postur APBD 2021

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Gatot Wibowo memastikan bahwa tidak ada rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau peningkatan Puskesmas menjadi RSUD seperti yang diungkapkan Wali Kota Tangerang Arief R Wismanysah.

Hal itu diketahui dari ketiadaan anggaran pembangunan terkait dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang tahun 2021.

Baca Juga: Ketua DPRD: Harus Ada Pemerataan Layanan Kesehatan di Kota Tangerang

1. Gatot akan minta hasil kajian Pemkot Tangerang

DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini Arief R wismansyah memeriksa kesiapan Puskesmas Jurumudi baru sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien COVID-19 (Instagram.com/ariefwismansyah)

Meski belum ada upaya memasukkan pembangunan RSUD ke postur APBD 2021, kata Gatot, pihaknya akan tetap meminta hasil kajian ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang soal wacana upgrade puskesmas.

"Kita nanti minta minimal DED (Detail Enginering Design)-nya perencanaan awalnya itu bisa dikonkretkan," kata Gatot kepada IDN Times, Jumat (15/1/2020).

2. Gatot ungkap masyarakat lebih nyaman berobat ke RSUD

DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini RSUD Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Gatot mengatakan, meski memang saat ini banyak menjamur rumah sakit swasta di Kota Tangerang. Namun dirinya mengetahui bahwa masyarakat lebih nyaman berobat di rumah sakit milik pemerintah. Hal itulah, lanjut Gatot, yang menjadi alasan DPRD mendesak Pemkot Tangerang harus membangun RSUD kembali.

"Masyarakat itu secara psikologis lebih percaya siri kalau diobatin di RSUD saya memahami itu. Makanya komisi II DPRD merekomendasikan ke pemkot dan itu disampaikan secara resmi oleh temen-temen komisi II ke mitranya (Dinas Kesehatan)," kata dia.

3. DPRD minta Pemkot Tangerang lakukan pemerataan faskes

DPRD Kota Tangerang Pastikan Tak Ada Pembangunan RSUD Baru Tahun Ini Ilustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo menyebut pelayanan kesehatan di Kota Tangerang sudah baik, namun memang perlu ditingkatkan terlebih dalam situasi pandemik COVID-19 seperti ini.

"Pemkot juga harus siapkan langkah-langkah yang strategis, cepat dan taktis. Wali Kota bilang sih, mereka sedang mengkaji tentang puskesmas rawat inap yang di Jurumudi Benda untuk dijadikan tempat penanganan COVID-19 dan mungkin sedang dikaji jadi RSUD," kata Gatot, saat dihubungi IDN Times, Rabu (13/1/2021).

Gatot mengungkap, pihaknya mendorong agar ada pemerataan pada layanan kesehatan di Kota Tangerang. Gatot mengungkapkan beberapa daerah di sudut-sudut Kota Tangerang belum terlayani dengan baik.

"Karena mungkin jumlah penduduk di Kota Tangerang cukup padat dan penyebarannya juga cukup banyak. Karena rumah sakit umum daerah adanya di tengah kota belum sampai yang di daerah-daerah pojok-pojok," kata Gatot.

Baca Juga: Data Pribadi Pasien COVID-19 di Pandeglang Tersebar ke Publik 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya